Syarat Jorge Martin Jadi Juara Dunia MotoGP 2024 di Malaysia




Jakarta, Indonesia

Jorge Martin bisa memastikan jadi juara dunia MotoGP 2024 di GP Malaysia akhir pekan ini. Berikut syarat agar hal tersebut bisa terwujud.

Jorge Martin finis di posisi runner up MotoGP Thailand, kalah dari Pecco Bagnaia yang jadi juara MotoGP Thailand. Selisih poin di antara kedua pembalap pun berkurang kini menjadi tinggal 17 angka.

Dengan kondisi memiliki keunggulan 17 angka, Jorge Martin punya peluang untuk memastikan gelar juara dunia MotoGP di Sirkuit Sepang, Malaysia. Walaupun peluang untuk mewujudkan hal tersebut tipis, setidaknya secara hitung-hitungan, hal itu bisa dilakukan.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Untuk bisa mengunci gelar juara dunia MotoGP 2024 di Malaysia, Jorge Martin harus mengoleksi minimal 21 poin lebih banyak dibandingkan Pecco Bagnaia di seri tersebut. Bila itu terjadi, Jorge Martin bakal punya selisih 38 poin atas Bagnaia jelang seri terakhir di MotoGP Valencia.

Selisih 38 poin dengan kondisi sisa satu seri membuat Jorge Martin sudah bisa dipastikan jadi juara dunia MotoGP 2024. Pasalnya, jumlah poin maksimal yang didapat dalam satu seri adalah 37 dengan pembalap tersebut memenangkan sprint race dan full race.

Namun untuk bisa mendapatkan 21 angka lebih banyak dari Bagnaia bukan pekerjaan mudah bagi Jorge Martin. Tanpa ada blunder besar, rasanya sulit bagi Jorge Martin untuk bisa merebut poin jauh lebih besar dibanding Bagnaia di Malaysia.

Sebagai contoh, bila Jorge Martin memenangkan sprint race dan full race di Malaysia yang berarti 37 poin, ia baru bisa dipastikan juara bila Bagnaia hanya mengoleksi 16 angka dari total balapan di sprint race dan full race.

Merujuk penampilan Bagnaia yang konsisten di empat seri terakhir, rasanya sulit bagi Jorge Martin untuk bisa mendapat poin jauh lebih banyak dibandingkan Bagnaia.

Jorge Martin sendiri juga sejatinya harus waspada penuh terhadap Bagnaia. Ia tak boleh melakukan kesalahan fatal seperti gagal finis bila tak ingin selisihb 17 poin yang ia miliki saat ini menguap begitu saja.

[Gambas:Video ]

(har)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *