Kim Jones Hengkang dari Fendi, Bakal Fokus di Dior




Jakarta, Indonesia

Desainer Kim Jones memutuskan untuk hengkang dari Fendi setelah empat tahun kolaborasi. Jones pun bakal tetap fokus sebagai direktur artistik koleksi pria di Dior, Paris.

Induk perusahaan Fendi, Louis Vuitton Moët Hennessy (LVMH) mengumumkan perpisahan dengan Jones lewat pernyataan singkat.

“Di bawah kepemimpinannya, rumah mode itu menemukan kembali koleksi pakaian siap pakai dan koleksi pakaian adibusananya, menawarkan pendekatan yang inklusif dan inovatif terhadap mode yang terus memperbarui kode-kode Fendi di Italia. Selama empat tahun, karya Jones sepenuhnya dipandu oleh hasrat dan kreativitas,” tulis LVMH, seperti dilaporkan WWD.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Di Fendi, Jones menjabat sebagai direktur artistik haute couture, koleksi busana siap pakai (ready to wear), dan koleksi bulu untuk wanita. Kepala komisaris dan CEO LVMH Bernard Arnault memuji Jones sebagai desainer yang sangat berbakat.

Dia menilai, desainer Inggris itu telah membawa visinya yang unik dan multikultural ke Fendi selama empat tahun terakhir.

“Saya ingin mengucapkan terima kasih atas kontribusinya dan berharap untuk terus menyaksikan kreativitasnya untuk koleksi pria Dior,” katanya.

Selama masa jabatannya, Jones sering merujuk pada desain ready-to-wear yang dirancang oleh mendiang Karl Lagerfeld.

Jones juga menjalin kerja sama erat dengan Silvia Venturini Fendi, direktur artistik aksesori dan koleksi pakaian pria, dan putrinya Delfina Delettrez Fendi, direktur kreatif perhiasan yang dianggapnya sebagai inspirasi utama.

Saat bergabung dengan Feni, Jones menjadi spesialis pakaian pria yang memperluas dunia modenya ke pakaian wanita, mengikuti jejak Hedi Slimane dan Raf Simons.

Dalam wawancara dengan WWD jelang debut ready-to-wear Fendi pada 2021 lalu, ia mengaku hanya ingin membuat pakaian yang ingin dibeli wanita.

“Saya tidak akan berbohong. Saya pikir itu lah pekerjaan saya. Saya ingin semua teman saya berkata ‘Saya ingin segera memilikinya’,” ujar Jones.

Pada September 2021, ia mengejutkan dunia mode dengan melakukan pertukaran kreatif penuh di mana Donatella Versace merancang koleksi Fendi, sementara dirinya merancang koleksi Versace. Koleksi ini pun dikenal dengan tajuk ‘Fendace’.

Sementara itu, hingga saat ini Fendi belum mengumumkan pengganti Jones. Namun menurut sumber, Fendi baru-baru ini berdiskusi dengan para desainer termasuk Pierpaolo Piccioli yang sebelumnya adalah direktur kreatif Valentino.

(els/asr)

[Gambas:Video ]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *