Cerita Wanita AS Turunkan BB 85 Kg dengan Lari Setiap Hari



Jakarta, Indonesia

Seorang wanita asal Iowa, Amerika Serikat berhasil menurunkan berat badannya hingga 85 kilogram (kg) dengan rutin lari setiap hari.

Jennifer Brown (42) kini memiliki daya tahan yang lebih baik dari sebelumnya. Kini, ia bahkan tengah mempersiapkan diri untuk mengikuti ajang lari maraton.

Apa yang ada saat ini sangat berbeda dari gaya hidup Brown sebelumnya. Ia tak pernah membayangkan dirinya bisa seperti ini.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Sejak kecil, Brown menjadi seorang anak yang tak bisa berolahraga karena berat badannya yang berlebih. Ia selalu merasa tak mampu berolahraga.

“Saya ingat menjadi anak yang berjalan kaki dengan guru olahraganya, karena saya selalu berkata tidak bisa. Saya tahu saya tidak bisa berlari sejauh satu mil dalam 15 menit seperti yang seharusnya. Saya bahkan tidak mencoba,” ujar Brown, melansir Today.

Saat dewasa, gaya hidup Brown juga diwarnai oleh pilihan-pilihan yang tidak sehat seperti makan di restoran cepat saji, konsumsi minuman beralkohol, dan minim beraktivitas fisik.

Apa lacur, gaya hidupnya itu pun membuat tubuhnya semakin besar. Pada usia 37 tahun, Brown bahkan memiliki berat badan mencapai 150 kg hingga harus berhadapan dengan masalah kesehatan yang serius.

Dari sana, Brown sadar untuk mulai menjalani gaya hidup sehat. Salah satunya dengan bergerak aktif agar berat badan bisa menurun.

Brown mulai membiasakan diri dengan gaya hidup barunya. Ia mulai berjalan kaki dan mengubah pola makannya serta lebih banyak minum air mineral.

Dalam tiga tahun, berat badannya turun hingga 45 kg. Namun, penurunan berat badan ini tak didapatnya dengan mudah.




Ilustrasi perempuan memegang perutIlustrasi. Wanita asal AS berhasil menurunkan berat badannya hingga 85 kg. (iStock/Zinkevych)

Ada masa di mana penurunan berat badannya berhenti selama delapan bulan. Di sana, Brown meminta bantuan dokter. Brown mengonsumsi obat yang diresepkan dokter.

Selain itu, Brown juga mulai menetapkan target baru, yakni lari sejauh 1,5 kilometer (km) setiap hari.

“Saya memulai tantangan lari 1,5 km per hari untuk diri saya sendiri,” ujar Brown.

Lari pertama ditempuh dalam waktu 20 menit. Brown ingat betapa tersiksanya ia saat menuntaskan tantangan tersebut.

“Saya bernapas degan berat dan seperti akan mati,” ujarnya.

Namun, pada hari ke-30, Brown berlari sejauh 1,5 km dalam waktu hanya 14 menit dengan lebih mudah.

Ia juga rutin berolahraga menggunakan treadmill di rumah. Saat ini, Brown berhasil menurunkan berat badannya hingga 85 kg.

“Seiring berjalannya waktu, tubuh saya jelas berubah, dan saya berkembang jadi lebih cepat, lebih baik, lebih kuat,” ujar Brown.

(asr/asr)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *