Studi Ungkap Cara Liburan ke Luar Negeri dengan Biaya Lebih Murah



Jakarta, Indonesia

Pergi liburan, apalagi ke destinasi-destinasi terkenal di dunia adalah dambaan bagi banyak orang. Namun, kenyataannya, kamu harus mengeluarkan biaya yang tak sedikit untuk mewujudkannya.

Menurut studi yang dilakukan Bankrate pada tahun 2023, biaya rata-rata untuk liburan selama satu minggu di Amerika Serikat untuk satu orang saja mencapai US$1.984 (setara dengan Rp31 juta). Lalu, biaya liburan yang sama untuk dua orang melonjak dua kali lipatnya hingga $3.969 (sebesar Rp62 juta).Itu belum termasuk tiket pesawat.

Namun, bepergian juga merupakan investasi yang berharga bagi diri kita sendiri. Hal ini dibuktikan dengan penelitian yang menunjukkan bahwa pergi liburan dapat meningkatkan kesehatan kita secara keseluruhan, melansir dari Travel+ Leisure.

Untungnya sebuah studi yang dilakukan Bounce, sebuah perusahaan penyimpanan barang bawaan, mengungkapkan cara bagi kita untuk pergi liburan dengan harga lebih murah.

Pada akhir tahun 2023, Bounce meneliti waktu termurah untuk mengunjungi beberapa destinasi wisata populer di dunia. Untuk menemukan tanggal pastinya, Bounce memulai dengan daftar awal berisi 70 destinasi wisata populer.

Bounce menggunakan Kayak (situs perjalanan online) untuk menemukan biaya rata-rata sewa harian hotel menurut bulan dan hari dalam seminggu. Kemudian, perusahaan tersebut menggunakan data untuk menghitung selisih harga rata-rata antara menginap semalam di hotel bintang 3 pada bulan termurah dan termahal dalam setahun.

Setelah meneliti data tersebut, Bounce menemukan bahwa ada “tren musiman” yang terkait dengan biaya perjalanan, dengan mencatat bahwa Bulan Januari adalah bulan paling murah di 15 kota berbeda. Ke-15 kota tersebut termasuk tempat-tempat populer seperti London, Amsterdam, dan Berlin.

Menurut Bounce, perjalanan di luar musim pada Bulan Februari juga menjadi yang termurah, dan merupakan waktu yang tepat untuk bepergian ke 12 kota berbeda, termasuk New York, Paris, dan Milan.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Lalu, untuk destinasi yang terkenal mahal seperti Maldives, wisatawan yang memilih pergi ke Malé, ibu kota negara tersebut, dapat menghemat sebanyak 85 persen jika berkunjung pada Bulan Januari hingga Agustus.

Mengenai hari-hari mana yang paling murah untuk bepergian, Bounce mengungkapkan sedikit hal mengejutkan. Mereka mencatat bahwa, “bertentangan dengan kepercayaan umum, data menunjukkan bahwa ternyata Sabtu adalah hari termurah untuk menginap di 17 kota,” termasuk mengunjungi kota-kota seperti Las Vegas, Dublin, dan Milan.

“Hal ini disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk permintaan yang lebih rendah untuk melakukan perjalanan bisnis di akhir pekan. Ini juga merupakan hari termurah saat kami melakukan analisis pada tahun 2022.”

Minggu, Jumat, dan Senin menempati posisi kedua sebagai hari termurah untuk bepergian ke 10 kota berbeda, termasuk destinasi utama seperti Praha, Barcelona, Roma, Singapura, dan Miami.

Di sisi lain, Bounce mengungkapkan fakta bahwa perjalanan musim dingin dan musim gugur cenderung merupakan perjalanan termahal untuk banyak tujuan, termasuk kota-kota Asia seperti Chiang Mai dan Phuket di Thailand, yang memiliki harga perjalanan tertinggi pada Bulan Desember.

Lalu, destinasi-destinasi seperti Athena, Lisbon, dan Barcelona mencapai harga termahal mereka pada Bulan September.

Itulah waktu-waktu termurah untuk berkunjung ke destinasi-destinasi populer di dunia. Kini, apakah kamu sudah tahu mau liburan ke mana?




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *