BAKTI Hadirkan Internet ke 118 Sekolah & 10 Desa di Polewali Mandar




Jakarta, Indonesia

BAKTI Kominfo terus mengakselerasi transformasi digital di berbagai daerah di Indonesia, termasuk di Polewali Mandar, Sulawesi Barat. Akselerasi ini dilakukan melalui program bantuan internet yang menghubungkan sekolah, desa, dan fasilitas kesehatan di seluruh kabupaten.

Inisiatif dari BAKTI Kominfo ini bertujuan untuk memperluas akses internet demi meningkatkan kualitas hidup masyarakat lokal dan mendorong perkembangan ekonomi digital. Dalam program ini, sudah 118 lokasi di berbagai kecamatan wilayah di Polewali Mandar telah dilengkapi fasilitas internet. Lokasi tersebut meliputi sekolah, kantor desa dan pusat layanan kesehatan.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Polewali Mandar, Aco Musadda menyambut baik bantuan internet dari BAKTI Kominfo ini. Menurutnya, bantuan internet ini merupakan langkah maju yang sangat signifikan dalam upaya meningkatkan kualitas hidup masyarakat Polewali Mandar.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Dengan akses internet yang lebih baik, kita dapat meningkatkan kualitas pendidikan, kesehatan, dan pemerintahan,” ujarnya, Selasa saat berkunjung ke kantor BAKTI Kominfo di Jakarta (14/10).

Diharapkan jaringan internet ini dapat melancarkan proses belajar mengajar, serta membuka akses terhadap materi pembelajaran yang lebih luas, dan meningkatkan literasi digital para siswa serta guru.

Selain sekolah, tiga desa di Polewali Mandar, yakni Lilli, Alu, dan Galung Lombok kini juga sudah dapat menikmati konektivitas internet untuk mempermudah pelayanan administrasi, meningkatkan transparansi pemerintahan, dan membuka peluang bagi pengembangan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di tingkat desa.

Tidak hanya itu, tujuh fasilitas kesehatan di Polewali Mandar, termasuk Puskesmas Tutallu dan beberapa Pos Kesehatan Desa atau Poskesdes, juga telah terhubung dengan jaringan internet. Hal ini sangat penting untuk mempercepat akses informasi kesehatan, memudahkan koordinasi antar fasilitas kesehatan, serta meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan bagi masyarakat.

Untuk meningkatkan kualitas layanan dan pemanfaatan jaringan internet secara optimal, BAKTI Kominfo membentuk kelompok khusus pengguna jaringan. Kelompok ini menjadi penghubung antara pengguna dan penyedia layanan, serta membantu memantau kualitas jaringan secara lebih efektif.

Terkait penerima manfaat akses internet BAKTI Kominfo, ada kebijakan yang ditetapkan yakni jika di lokasi jaringan internet yang telah dibangun sudah menggunakan perangkat internet atau modem komersil serta sudah tidak dimanfaatkan, maka akses internet yang diberikan BAKTI Kominfo dapat dipindahkan ke lokasi lain yang lebih membutuhkan.

BAKTI Kominfo mengajak masyarakat untuk berperan aktif mengajukan permintaan pemasangan jaringan internet di area yang belum terjangkau internet, seperti lokasi wisata. Pengajuan itu bisa dilakukan masyarakat langsung ke Dinas Kominfo Polewali Mandar.

Keberadaan infrastruktur digital yang semakin baik di Polewali Mandar akan membuka peluang besar untuk pengembangan ekonomi digital. Masyarakat dapat memanfaatkan internet untuk berwirausaha secara online, mengakses pasar yang lebih luas, hingga meningkatkan produktivitas.

(vws)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *