SBY hingga Eks Wapres era Soeharto Bakal Hadir di Pelantikan Prabowo




Jakarta, Indonesia

Ketua MPR RI Ahmad Muzani mengatakan Presiden ke-6 Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) hingga wakil presiden era Soeharto periode 1993-1998 Try Sutrisno akan hadir dalam pelantikan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming, Minggu (20/10).

Muzani mengaku telah berkomunikasi dengan para mantan presiden dan wapres Indonesia.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Insya Allah Susilo Bambang Yudhoyono, Jusuf Kalla, Jenderal TNI Purnawirawan Try Sutrisno, Boediono, dan keluarga mantan Presiden Abdurrahman Wahid, keluarga mantan wakil presiden Hamzah Haz juga akan hadir,” kata dia ke awak media di kompleks DPR/MPR, Sabtu (19/10).

Jusuf Kalla merupakan wakil presiden di periode pertama SBY 2004-2009 dan periode pertama kepemimpinan Joko Widodo (Jokowi) pada 2014-2019.

Sementara itu, Boediono merupakan wapres di periode kedua SBY yakni 2009-2014 dan Hamzah Haz adalah wapres era Megawati Soekarnoputri periode 2001-2004.

Di kesempatan itu, Muzani mengatakan, Megawati tak bisa hadir ke pelantikan karena alasan kesehatan.

Sebagai gantinya, presiden RI ke-5 sekaligus ketua umum PDI-P itu, kata Muzani, telah meminta anggota fraksi partai banteng untuk menghadiri pelantikan Prabowo dan wakilnya Gibran Rakabuming.

“Seluruhnya hadir 110 dan menyukseskan acara besok dan [Megawati] memerintahkan agar mereka tidak diperkenankan keluar negeri termasuk keluar kota karena wajib datang besok,” ucap dia.

Pelantikan Prabowo-Gibran akan digelar di Kompleks DPR/MPRRI di Senayan, Jakarta pada Minggu.

Untuk mengamankan acara kenegaraan itu, Polda Metro Jaya mengerahkan 6.757 personel. TNI juga ikut mengamankan situasi dengan mengirim 100 ribu personel.

(ans/asr)

[Gambas:Video ]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *