Berkenalan dengan INFJ, Kepribadian Paling Langka di Dunia


Daftar Isi



Jakarta, Indonesia

Apa tipe kepribadian Anda? Jika INFJ, berarti Anda termasuk orang dengan tipe kepribadian langka. Seperti apa, sih, kepribadian INFJ ini?

Ada tes-tes yang diyakini mampu mengungkap tipe kepribadian, salah satunya Myers-Briggs Type Indicator (MBTI). MBTI membagi kepribadian jadi 16 tipe yang menyediakan informasi mengenai bagaimana orang membuat keputusan, berinteraksi, dan memproses informasi.

Ada empat huruf sebagai hasil akhir tes yang mewakili empat area dalam tipe kepribadian. Ada Extrovert (E) dan Introvert (I), Sensing (S) dan Intuition (N), Thinking (T) dan Feeling (F), serta Judging (J), dan Perceiving (P).


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Jika hasilnya INFJ, maka Anda dideskripsikan sebagai pribadi yang introvert, intuitive, feeling, dan judging. Kadang, INFJ disebut sebagai ‘advokat’ dan orang yang ‘idealis’.

Paling langka

Kepribadian INFJ ternyata termasuk tipe kepribadian yang langka. Menukil dari Reader’s Digest, hanya 1,5 persen penduduk bumi yang masuk kategori ini.

Seperti apa orang dengan tipe kepribadian INFJ?

Seorang dengan tipe kepribadian ini memiliki karakteristik meliputi sebagai berikut.

1. Penyayang

INFJ memiliki intuisi dan pemahaman emosional yang kuat. Mereka dapat berbicara lembut dan empati, tapi bukan berarti mereka orang yang gampang menyerah.

INFJ punya keyakinan kuat dan kemampuan bertindak tegas untuk mendapatkan apa yang diinginkan.

2. Penolong

Mereka pada dasarnya memang tertutup, tapi dapat membentuk hubungan bermakna dengan orang lain. INFJ suka membantu orang lain, dan di saat yang sama perlu ruang dan waktu untuk mengisi ulang energi.

3. Idealis




Ilustrasi rapat kerjaIlustrasi. Seorang INFJ biasanya merupakan pribadi yang idealis. (iStock/jacoblund)

INFJ adalah si idealis. Mereka mampu menerjemahkan idealisme ke dalam tindakan. Mereka tak cuma punya mimpi, tapi juga tahu cara mewujudkannya.

4. Terorganisir

Mereka suka mengontrol dengan cara membuat rencana, mengatur, dan membuat keputusan sedini mungkin.

5. Emosional dan logis

INFJ terbilang unik, sebab mereka logis tapi juga emosional. Mengutip dari Very Well Mind, saat mengambil keputusan, mereka lebih menekankan emosi. Namun, mereka memahami fakta dan tidak melihat dunia dengan ‘bingkai’ yang indah.

Kekuatan dan kelemahan INFJ

Kekuatan:

– peka terhadap kebutuhan orang lain,
– pendiam,
– sangat kreatif dan artistik,
– fokus pada masa depan,
– menghargai hubungan yang dekat dan mendalam,
– senang memikirkan makna hidup,
– idealis.

Kelemahan:

– bisa jadi terlalu sensitif,
– kadang sulit untuk didekati,
– harapan bisa terlalu tinggi,
– keras kepala,
– tidak suka konfrontasi.

Meski terbilang langka, sejumlah figur publik berikut memiliki tipe kepribadian INFJ seperti Wonwoo Seventeen, Mark NCT, Ten WayV, Kai EXO, Lady Gaga, Emma Watson, Bono U2, Björk, dan Eleanor Roosevelt.

(els/asr)

[Gambas:Video ]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *