Prabowo-Gibran Bakal Dilantik Hari Ini, Jokowi-Ma’ruf Lengser




Jakarta, Indonesia

Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming bakal dilantik sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI 2024-2029 hari ini, Minggu (20/10).

Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan dijadwalkan akan berlangsung di Kompleks DPR/MPR RI, Senayan, Jakarta pada pukul 10.00 WIB.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Ketua MPR RI Ahmad Muzani akan memimpin langsung Sidang Paripurna pelantikan Presiden dan Wapres RI hingga pukul 11.23 WIB berdasarkan yang dijadwalkan.

Masing-masing akan melakukan penandatanganan berita acara pelantikan dan penyerahan berita acara pelantikan.

Acara pelantikan juga akan diwarnai dengan prosesi pertukaran tempat duduk antara Presiden dan Wapres RI sebelumnya Joko Widodo-Ma’ruf Amin dengan Prabowo-Gibran. Ini sekaligus menjadi simbol berakhirnya pemerintahan Jokowi-Ma’ruf selama lima tahun hasil Pilpres 2019.

Prabowo juga dijadwalkan akan menyampaikan pidato pertamanya sebagai Presiden RI besok.

Acara pelantikan ini dihadiri oleh banyak pihak. Sebanyak 33 kepala negara dikonfirmasi bakal menghadiri acara pelantikan tersebut.

Sejumlah politisi lain seperti Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo juga dipastikan akan hadir di Kompleks Parlemen besok.

Namun, Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri disebut tak bakal hadir lantaran alasan kesehatan. Sebagai gantinya, Megawati memerintahkan seluruh anggota PDIP untuk hadir di acara pelantikan.

Usai menjalani prosesi pelantikan, Prabowo dan Gibran dijadwalkan bakal berangkat ke Istana Negara untuk mengikuti prosesi pisah sambut dengan Presiden Joko Widodo.

(can/asr)

[Gambas:Video ]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *