Jangan Pernah Simpan Cokelat di dalam Kulkas, Kenapa?




Jakarta, Indonesia

Agar tak meleleh, biasanya cokelat disimpan di dalam kulkas. Tapi, sebenarnya kebiasaan ini justru tak disarankan.

Pertanyaannya, mengapa kita tidak boleh menyimpan cokelat di dalam kulkas?

Cokelat boleh jadi makanan favorit banyak orang. Rasanya yang manis kerap dianggap sebagai camilan di tengah rasa lapar yang ideal.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Tapi, sayangnya cokelat sering kali mudah meleleh jika disimpan di suhu ruang. Semakin mudah meleleh saat cokelat disimpan di tengah iklim tropis dan panas seperti Indonesia.

Menyimpannya di dalam kulkas kerap dianggap sebagai solusi mempertahankan tekstur cokelat tidak rusak.

Tapi, nyatanya Anda sebenarnya tak disarankan menyimpan cokelat di dalam kulkas.

“Sebisa mungkin, hindari menyimpannya [cokelat] di kulkas atau freezer karena bisa menjadi terlalu dingin. Ini memengaruhi rasa, kilau, dan tekstur cokelat,” ujar pendiri Mr Bucket Chocolaterie Singapura Jerome Penafort, mengutip Channel News Asia.

Cokelat sendiri, lanjut Jerome, paling enak dinikmati pada suhu ruang antara 22-25 derajat Celcius.

“Saat itu lah cokelat akan mudah meleleh di lidah, sehingga Anda dapat menikmati rasa, tekstur, dan nuansa cokelat yang kompleks dengan lebih baik,” katanya.

Namun, membiarkan cokelat disimpan dalam suhu ruang dalam waktu terlalu lama juga bukan solusi yang baik. Hal ini, lanjut Jeroma, akan membuat cokelat meleleh dengan cepat, terjadi pengembungan hingga memengaruhi kualitas cokelat.

Mengutip Your Tango, cara menjaga kesegaran cokelat sendiri sebenarnya tergantung pada jenisnya. Cokelat susu, misalnya, dapat bertahan hingga satu tahun. Sementara dark chocolate umumnya bertahan hingga dua tahun.

Suhu ideal untuk menjaga kesegaran cokelat berkisar di antara 18-21 derajat Celcius. Suhu ruang sebenarnya baik-baik saja untuk cokelat. Tapi, menyalakan air conditioner (AC) tampaknya akan memberikan manfaat maksimal, alih-alih menyimpannya di kulkas.

Jika Anda benar-benar harus menyimpan cokelat di kulkas, pastikan ditutup dengan rapat. Pasalnya, pengembunan mudah terbentuk pada cokelat hingga mengubah rasa.

Selain itu, kondensasi juga bisa menyebabkan sugar bloom pada cokelat. Salah satunya ditandai oleh kemunculan bercak kasar dan kusam pada cokelat.

(asr/asr)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *