Media Asing Soroti Pelantikan Prabowo-Gibran Jadi Presiden-Wapres RI




Jakarta, Indonesia

Sejumlah media asing menyoroti Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka menjelang pelantikan keduanya sebagai presiden dan wakil presiden terpilih Indonesia.

Media Singapura, Channel NewsAsia (CNA), mewartakan Prabowo, mantan jenderal yang pernah diterpa kasus pelanggaran hak asasi manusia (HAM), akan disumpah pada Minggu (20/10).


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Prabowo Subianto akan disumpah pada Minggu (20/10) sebagai presiden negara demokrasi terbesar ketiga di dunia, Indonesia, yang pernah terjerat kasus pelanggaran HAM,” demikian tulis CNA dalam laporan berjudul “Ex-general Prabowo to take office as Indonesia president”.

Dalam laporan tersebut, CNA juga menuliskan serangkaian kontroversi Prabowo, termasuk ketika pemilihan presiden (pilpres) kemarin. Saat itu, Prabowo disebut-sebut dibantu Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk memenangkan pemilu.

“Dia [Jokowi] dituding menggunakan sumber daya negara untuk membantu memenangkan Prabowo dan pasangannya, putra sulung Jokowi berusia 37 tahun Gibran Rakabuming Raka,” demikian lapor CNA.

Media Singapura lainnya, The Straits Times, juga menuliskan Prabowo yang akan segera mengambil alih posisi presiden delapan bulan usai memenangkan pemilihan umum (pemilu) pada Februari lalu.

“Prabowo Subianto akan segera mengambil alih jabatan presiden negara demokrasi terbesar ketiga di dunia, Indonesia, beberapa bulan setelah memenangi pemilu negara itu dengan kebijakan-kebijakan seperti makan siang gratis, bersama dengan pasangannya yang merupakan putra Presiden yang akan lengser,” tulis The Straits Times dalam artikel berjudul “Former special forces commander Prabowo to take up Indonesian presidency”.

The Straits Times juga melaporkan agenda Prabowo yang akan menyampaikan pidato di Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) usai disumpah dan sebelum menuju Istana Kepresidenan.

Media Australia, ABC Net, dalam berita bertajuk “Former special forces commander Subianto Prabowo set to be sworn in as Indonesian president” juga mewartakan momen menjelang pelantikan Prabowo sebagai Presiden Republik Indonesia (RI).

“Prabowo akan secara resmi menjadi Presiden kedelapan Indonesia pada Minggu pagi setelah disumpah dalam upacara di gedung parlemen Indonesia, sembari diapit oleh Presiden Joko Widodo,” tulis ABC Net.

Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka akan dilantik sebagai Presiden dan Wakil Presiden Indonesia pada Minggu (20/10).

Mereka akan menggantikan Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin yang akan segera purnatugas.

Acara pelantikan direncanakan dimulai pada pukul 10.00 WIB. Usai dilantik, Prabowo juga akan menyampaikan pidato pertamanya sebagai presiden.

(blq/rds)


[Gambas:Video ]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *