Isak Tangis Retno Marsudi Pamit dari Kemlu: Jaga Rumah dengan Baik




Jakarta, Indonesia

Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi mengadakan acara perpisahan dengan seluruh staf Kementerian Luar Negeri (Kemlu) sebelum mengakhiri masa jabatannya di kabinet Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Retno menangis saat menyampaikan salam perpisahan. Air matanya tak terbendung kala ia berpamitan dengan staf Kemlu.

“Saya pamit ya. Saya enggak bisa bicara. Profesi saya cuma satu, sebagai diplomat. Sudah hampir 40 tahun saya berada di rumah ini. Maafkan saya. That is the best that I can do for Indonesia and for you all,” kata Retno sambil terisak, dalam video yang diunggah di akun Instagramnya, Sabtu (19/10).


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Retno meminta kepada seluruh staf Kemlu untuk menjaga ‘rumah’ dengan baik.

Ia juga berulang kali mengucapkan terima kasih kepada para staf yang selama 10 tahun telah membantunya sebagai Menlu.

“Jagalah rumah ini dengan baik teman-teman. Jagalah. Thank you very much for standing by me, thank you for supporting me, and thank you for being there for me and you will always be in my heart. Sekali lagi aku pamit ya, teman-teman,” ujar dia.

Usai mengucapkan salam tersebut, Retno membungkuk di hadapan para staf Kemlu. Ia juga terus menyeka air matanya yang terus tumpah.

Dalam keterangan video tersebut, Retno menuliskan bahwa Kemlu merupakan satu-satunya ‘rumah’ dia selama puluhan tahun. Para staf Kemlu pun sudah ia anggap sebagai keluarga.

Retno Marsudi menjadi Menlu selama dua periode sejak Jokowi menjabat pada 2014. Adapun pada Minggu (20/10) ini, Prabowo Subianto bersama Gibran Rakabuming Raka telah resmi dilantik sebagai presiden dan wakil presiden.

[Gambas:Instagram]

(blq/tsa)


[Gambas:Video ]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *