Anwar Ibrahim Ucapkan Selamat Atas Pelantikan Presiden Prabowo




Jakarta, Indonesia

Perdana Menteri Malaysia, Anwar Ibrahim, mengucapkan selamat kepada Prabowo Subianto usai resmi dilantik menjadi Presiden Republik Indonesia.

Dalam pernyataannya, ia berharap Prabowo bisa mengemban amanah sebagai Presiden RI dengan baik.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Saya mewakili pemerintahan Malaysia menyampaikan ucapan selamat dan harapan baik saat sahabat lama saya, Prabowo, (telah) memulai tugasnya (sebagai Presiden Indonesia),” kata Anwar kepada kantor berita Malaysia, BERNAMA, saat tiba di Malaysia usai menghadiri upacara pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI di Gedung MPR, Jakarta Pusat, pada Minggu (20/10) pagi WIB.

Lebih lanjut, dalam kesempatan tersebut, PM Anwar juga menyampaikan apresiasinya kepada Joko Widodo (Jokowi) yang sudah menjabat sebagai Presiden Indonesia selama 2 periode sejak 2014.

Sebab, ia menilai, selama menjabat, Jokowi berhasil menjaga dan memperkuat hubungan bilateral antara Indonesia dan Malaysia. Ia menilai upaya Jokowi itu membuat hubungan bilateral kedua negara di berbagai bidang saat ini kian erat.

Usai menghadiri pelantikan Prabowo, Anwar lantas menuju ke Bandara Halim Perdana Kusuma untuk terbang ke Malaysia pada pukul 13.00 WIB.

Sebelumnya, Anwar tiba di Indonesia untuk menghadiri upacara pelantikan Prabowo pada Sabtu (19/10) malam WIB. Anwar menjadi satu dari puluhan kepala negara sahabat yang diundang ke pengucapan sumpah Prabowo sebagai Presiden RI di depan MPR.

Saat tiba di Indonesia, Anwar langsung menyambangi rumah Prabowo di daerah Kertanegara, Jakarta Selatan. Di sana, Anwar dan Prabowo dilaporkan membahas sejumlah isu strategis.

Kehadiran Anwar dalam pelantikan Prabowo sebagai Presiden RI ini merupakan upaya Anwar dalam memperkuat hubungan bilateral Indonesia dan Malaysia.

Sejak menjabat sebagai PM Malaysia pada 2022 lalu, Anwar sudah menjadikan Indonesia sebagai mitra diplomatik utama. Hal itu dibuktikan dengan kunjungan kerja pertamanya ke Indonesia pada Januari 2023.

Selain itu, pengakuan Indonesia sebagai mitra diplomatik utama Malaysia juga dibuktikan oleh kehadiran Anwar di KTT ASEAN yang dihelat di Labuan Bajo dan Jakarta pada akhir 2023.

(gas/bac)


[Gambas:Video ]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *