Daftar Anggota Kabinet Prabowo dari Papua: Bahlil, RIbka hingga Pigai




Jakarta, Indonesia

Tiga tokoh asal Papua dipercaya menjadi menteri dan wakil menteri di Kabinet Merah Putih kepemimpinan Prabowo-Gibran.

Mereka ialah, Bahlil Lahadalia yang dipercaya menjadi Menteri ESDM dan Natalius Pigai yang menjabat Menteri HAM. Sementara Ribka Haluk merupakan perempuan asli Papua Pegunungan pertama yang diberikan kepercayaan untuk menjabat Wakil Menteri Dalam Negeri. 

“⁠Bahlil Lahadalia sebagai menteri energi dan sumber daya mineral,” kata Presiden RI Prabowo Subianto kala mengumumkan kabinetnya, Istana Merdeka, Jakarta, Minggu (20/10).


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Bahlil bukanlah penghuni baru di kabinet, ia merupakan Menteri ESDM era Presiden Jokowi. Sebelumnya ia juga dipercaya sebagai Menteri Investasi/Kepala BKPM.

Saat ini, ia juga menjabat sebagai Ketum Partai Golkar. Bahlil didapuk jadi ketum sekitar Agustus 2024 lalu lewat Munaslub menggantikan Airlangga Hartarto.

Pria kelahiran Fakfak, Papua Barat itu merupakan aktivis jebolan Himpunan Mahasiswa Islam (HmI). Selain itu, ia juga pernah menjabat Ketum HIPMI Periode 2015-2019 silam.

Sementara Natalius Pigai merupakan pegiat HAM asal Papua ditunjuk sebagai Menteri HAM. Pada Pilpres 2024 lalu, Pigai menjabat sebagai Tim Kuasa Hukum TKN Prabowo-Gibran.

Pigai sendiri merupakan eks Komisioner Komnas HAM Periode 2012-2017. Kala menjabat sebagai anggota Komnas HAM, ia merupakan anggota Subkomisi Pemantauan dan Penyelidikan.

Mengutip Laporan Tahunan Komnas HAM 2014. Kala itu, Pigai menangani sekitar 1.400 dari 3.600 kasus pengaduan yang diadukan ke Komnas HAM.

Selain pernah menjadi Komisioner Komnas HAM, Pigai juga turut terlibat dalam kegiatan di lembaga-lembaga lain seperti Yayasan Sejati yang memiliki perhatian pada hak-hak masyarakat terpinggir di Papua, Dayak, Sasak dan Aceh pada 1999-2002 silam.

Selain aktif berkiprah di sejumlah LSM, ia juga sempat menjabat sebagai stafsus menteri (Ir Alhilal Hamdi dan Yacob Nuwa Wea) di Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi RI 1999-2004 dan jabatan terakhir sebagai pegawai struktural dan peneliti bidang Ketenagakerjaan dengan spesialisasi Migrasi Internal dan Internasional.

(mnf/isn)

[Gambas:Video ]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *