Jokowi Beri Pesan Radio ke Para Pilot Jet Tempur AU yang Kawal ke Solo




Jakarta, Indonesia

Ada delapan pesawat tempur TNI Angkatan Udara mengawal penerbangan Presiden Ke-7 RI Joko Widodo (Jokowi) dan istrinya, Iriana, pulang ke Solo, Jawa Tengah, Minggu (20/10).

Jokowi pulang ke Solo setelah purnatugas sebagai Presiden RI periode 2019-2024. Total dua periode atau sepuluh tahun dia bertugas sebagai Presiden RI sejak 2014 silam.

Berdasarkan rekaman video yang diterima Indonesia.com, saat masih berada di langit dalam penerbangan pulang ke Solo, Jokowi pun mengirimkan pesan via radio kokpit ke para pilot jet tempur AU yang mengawalnya.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Saya Joko Widodo, mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas dukungan dan pengabdian saudara-saudara semuanya. Saya yakin kedaulatan udara, kedaulatan negara kita akan selalu terjaga atas pengabdian dan perjuangan saudara-saudara,” kata Jokowi lewat sambungan radio para perangkat yang berada di kokpit pesawat ditumpanginya.

Untuk pulang ke Solo, Jokowi naik pesawat Boeing 737-800 NG milik TNI AU dengan tail number A-7309.

“Sekali lagi, terima kasih, terima kasih,” kata Jokowi kepada para pilot pesawat tempur yang mengawalnya pulang ke Solo.

“Terima kasih pak, salam hormat dari kami,” timpal pemimpin regu pesawat tempur yang mengawal kepulangan Jokowi ke Solo.

Sebelumnya, Kadispen TNI AU Marsekal Pertama Ardi Syahri mengatakan ada delapan pesawat tempur yang mengawal penerbangan Jokowi dan Iriana pulang ke Solo setelah purnatugas. Delapan pesawat tempur itu terdiri atas tiga T50, empat F16, dan satu Sukhoi.

“Pengawalan kehormatan Presiden RI ke-7 Pak Jokowi, kembali ke Solo dari Pangkalan Udara Halim Perdanakusuma dikawal tiga pesawat T50, empat pesawat tempur F16, dan satu Sukhoi,” kata Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Udara Marsekal Pertama Ardi Syahri saat dihubungi, Minggu.

Sebelumnya, Jokowi diantar Presiden kedelapan RI periode 2024-2029 Prabowo Subianto  dan sejumlah menteri di Kabinet Indonesia Maju hingga Lanud Halim.

Jokowi menitipkan pesan kepada Prabowo. Ia menitipkan impian dan harapan ratusan juta masyarakat Indonesia kepada Prabowo.

Ia mengatakan tidak semua cita-cita masyarakat bisa dikerjakan pada masa pemerintahannya.

“Oleh sebab itu, saya sampaikan kepada Bapak Presiden (Prabowo), saya serahkan seutuhnya impian, harapan cita-cita besar dari 280 juta rakyat Indonesia pada Bapak Jenderal Purnawirawan Prabowo Subianto,” kata Jokowi.

Sementara Prabowo mendoakan yang terbaik untuk Jokowi setelah lengser dari jabatannya.

“Beliau selalu menyampaikan ke saya, beliau berdoa saya kuat untuk menerima tanggung jawab yang besar,” kata Prabowo.

Kini Prabowo bakal melanjutkan estafet kepresidenan RI hingga 2029 mendatang didampingi anak sulung Jokowi, Gibran Rakabuming Raka, sebagai Wakil Presiden RI.

(kid)

[Gambas:Video ]





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *