Respons Jokowi soal Prabowo Ingin Bawa Menteri-Wamen Bermalam di Akmil




Solo, Indonesia

Menteri dan wakil menteri Kabinet Merah Putih besutan Presiden RI periode 2024-2029 Prabowo Subianto bakal mengikuti pembekalan di Akademi Militer (Akmil) Lembah Tidar, Magelang, Jawa Tengah usai pelantikan.

Kegiatan tersebut pun mendapat respons positif dari Presiden Ketujuh RI, Joko Widodo (Jokowi) yang baru saja purnatugas, Minggu (20/10).

Jokowi yang kini sudah pulang ke Solo, menilai kegiatan tersebut akan meningkatkan kekompakan para menteri kabinet.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Itu kan bagus. Ada briefing, menyamakan visi, mengkonsolidasikan kabinet di awal. Itu saya kira baik, sangat baik,” kata Jokowi usai menerima tamu yang menyambut kepulangannya di Solo, Minggu.

Jokowi juga menilai positif komposisi menteri-menteri yang mengisi kabinet Merah Putih. Ia yakin Prabowo memilih menteri-menterinya dari tokoh-tokoh terbaik.

“Siapapun yang telah dipilih itu pasti melalui pertimbangan yang matang, melalui kalkulasi yang juga matang. Saya meyakini yang dipilih Pak Prabowo adalah yang terbaik dari yang ada,” kata ayah dari Wapres Gibran Rakabuming Raka tersebut.

Prabowo Subianto telah mengumumkan seluruh nama yang masuk menjadi anggota kabinet pemerintahannya pada Minggu malam di Istana Merdeka, Jakarta. Beberapa nama itu, ada pula para tokoh yang sebelumnya menteri di dalam kabinet pemerintahan Jokowi.

Prasetyo Hadi yang ditunjuk menjadi Mensesneg oleh Prabowo membeberkan jadwal padat Kabinet Merah Putih pada pekan ini dari mulai dilantik hingga menjalani pembekalan di Akademi Militer (Akmil).

Dia mengatakan Prabowo akan melantik para pembantunya di dalam Kabinet Merah Putih di istana pada Senin (21/10) ini, kemudian sidang paripurna perdana kabinet akan digelar dua hari kemudian.

“Ya, rencana besok adalah pelantikan menteri dan wakil menteri,” kata Prasetyo Hadi di Istana Merdeka, Minggu malam.

Agenda pelantikan menteri di Istana Kepresidenan Jakarta akan dimulai pukul 10.00 WIB, disusul agenda pelantikan wakil menteri pada pukul 14.00 WIB.

Selanjutnya, pada Selasa (22/10) akan dilaksanakan agenda pelantikan para kepala badan/lembaga, serta Rabu (23/10) dilanjutkan dengan agenda Sidang Paripurna Kabinet perdana.

Prasetyo mengatakan Prabowo juga telah mengagendakan kegiatan bimbingan dan pelatihan di Akmil Magelang sebagai pembekalan bagi para anggota kabinet serta penjelasan perihal program kerja prioritas pemerintah.

Kegiatan di Lembah Tidar itu akan berlangsung pada 25-27 Oktober 2024. Prasetyo mengatakan Prabowo dan Wapres Gibran Rakabuming Raka akan memberikan petunjuk dan arahan teknis kepada masing-masing kementerian supaya dapat saling mengenal satu sama lain.

“Rencana, beliau akan mengumpulkan kita kembali dalam satu kegiatan di Akademi Militer di Magelang,” ujarnya seraya menyebut kegiatan di dalam ruangan akan bersifat tertutup.

Kegiatan di Magelang disebut Prasetyo bersifat penting. Selain sebagai pembekalan program, juga menjadi ajang mempererat kerja sama di masing-masing kementerian/lembaga.

“Ini kan belum semua juga saling mengenal dengan jumlah kementerian yang bertambah dari periode yang lalu. Tentu membutuhkan kerja sama yang erat. Oleh karena itulah, Pak Prabowo mempercepat proses kerja samanya itu dengan kita sering-sering dikumpulkan,” katanya.

(syd/kid)

[Gambas:Video ]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *