5 Jenis Makanan Cegah Pikun pada Lansia



Daftar Isi



Jakarta, Indonesia

Ada sejumlah makanan yang bisa mencegah pikun pada lansia atau orang lanjut usia. Makanan-makanan ini sebaiknya dikonsumsi sejak usia dewasa sehingga ingatan tetap tokcer saat memasuki masa tua.

Jadi Anda tidak perlu khawatir, di masa tua akan melupakan berbagai hal kecil, seperti lupa menyimpan sepatu, kunci rumah, atau kartu transportasi.

Dengan mengonsumsi makanan-makanan tertentu sejak dewasa, ketika nanti memasuki usia lanjut, Anda bisa memiliki ingatan yang baik, termasuk tidak lupa nama cucu sendiri.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Lantas, apa saja makanan cegah pikun pada lansia? Berikut daftar makanannya.

1. Jeruk

Buah jeruk kaya akan vitamin C yang bagus untuk melindungi otak dari kerusakan akibat radikal bebas. Selain itu vitamin C pada buah ini juga bisa meningkatkan fokus, mempertajam ingatan, serta bisa melindungi Anda dari gangguan depresi, kecemasan, skizofrenia, hingga alzheimer.

2. Brokoli

Brokoli juga jadi salah satu makanan jenis sayuran yang bagus untuk mengatasi pikun. Pasalnya, brokoli memiliki kandungan sulforaphane yang bisa melindungi otak dari kerusakan.

3. Kacang

Kacang mengandung lemak sehat, antioksidan, vitamin E, hingga asam lemak omega-3. Semua ini bisa melindungi otak dari kerusakan yang bisa menyebabkan pikun.

4. Telur

Sumber protein murah yang disukai banyak orang ini mengandung berbagai nutrisi sehat. Mulai dari vitamin B6, folat, hingga kolin. Semuanya bagus untuk melindungi otak dari kepikunan.

5. Ikan berlemak

Berbagai jenis ikan berlemak, mulai dari tuna, hingga ikan kembung mengandung asam lemak omega-3 yang cukup tinggi. Hal ini tentu bagus untuk melindungi otak Anda.

Jadi, itulah lima jenis makanan cegah pikun pada lansia, yang bagus dikonsumsi sejak usia muda.

(tst/wiw)

[Gambas:Video ]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *