Apa Itu Polytrauma Liam Payne, yang Disebut Penyebabnya Meninggal




Jakarta, Indonesia

Mantan personel boyband One Direction, Liam Payne, meninggal dunia. Penyebab kematiannya disebut-sebut karena penyanyi asal Inggris mengalami polytrauma.

Lalu, apa itu polytrauma, yang diduga membuat Liam Payne meninggal dunia? Polytrauma atau politrauma biasanya terjadi ketika seseorang mengalami cedera pada beberapa bagian tubuh dan sistem organ. Sering kali hal ini terjadi karena kecelakan atau ledakan yang dialami pasien tersebut.

Melansir Science Direct, dalam bidang medis polytrauma biasanya didefinisikan sebagai dua atau lebih cedera yang salah satu atau dua cedera itu mengancam jiwa hingga bisa menyebabkan kematian.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Semua cedera itu juga biasanya terjadi dalam satu insiden yang sama dan memengaruhi beberapa bagian tubuh atau sistem organ, sehingga bisa mengakibatkan gangguan fisik, kognitif, psikologis, atau psikososial hingga kematian.

Terkait apa itu polytrauma yang diduga dialami Liam Payne, tentunya sama dengan definisi yang telah dijelaskan sebelumnya. Payne mengalami sejumlah cedera di tubuhnya setelah terjatuh dari balkon hotel di Argentina tempatnya menginap.

Cedera-cedera ini jugalah yang menyebabkan pria berusia 31 tahun tersebut meregang nyawa hingga tak bisa diselamatkan. Polytrauma memang bisa terjadi karena berbagai insiden mulai dari kecelakaan kendaraan bermotor, ledakan, trauma tumpul, penyerangan, hingga terjatuh dari ketinggian seperti yang dialami Payne.

Dalam polytrauma, cedera bisa juga terjadi pada otak hingga pasien sulit diselamatkan atau bahkan jika selamat, proses rehabilitasi akan benar-benar terganggu.

Kondisi lain yang bisa terjadi pada pasien polytrauma selain kematian adalah cedera tulang belakang, luka bakar, nyeri akut, hingga amputasi karena luka yang sangat parah di bagian tubuh tertentu.

Demikian penjelasan terkait apa itu polytrauma yang dialami Liam Payne, yang diduga menyebabkan penyanyi tersebut meninggal dunia usai jatuh dari balkon hotel.

(tst/wiw)

[Gambas:Video ]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *