Profil Stella Christie, Pakar Psikologi Kognitif yang Jadi Wamendikti




Jakarta, Indonesia

Presiden Prabowo Subianto resmi menunjuk Stella Christie menjadi Wakil Menteri Pendidikan Tinggi, Sains, dan Teknologi.

Ia akan mendampingi Satryo Soemantro Brodjonegoro yang menjabat sebagai Mendikti.

“Stella Christie menjadi Wakil Menteri Pendidikan Tinggi, Sains, dan Teknologi,” kata Prabowo saat mengumumkan kabinetnya di Istana Merdeka, Jakarta, Minggu (20/10).


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Siapa sebetulnya Stella Christie?

Stella merupakan ahli psikologi kognitif ternama di kancah internasional. Dia menyandang status associate professor with tenure di Universitas Tsinghua sejak 2018.

Ia juga pernah menduduki posisi serupa di Swarthmore College, Amerika Serikat pada 2018.

“Saya adalah ilmuwan cognitive science, adalah tentang bagaimana kita berpikir, tentang otak, tentang bagaimana pikiran yang memastikan manusia dan juga hewan dan juga AI. Jadi ilmu saya adalah interdisipliner,” ucap Stella saat ditemui usai menghadap Prabowo di Kartanegara IV, Selasa (15/10).

Merangkum dari berbagai sumber, Stella lahir di Medan, 11 Januari 1979. Ia menamatkan gelar sarjananya dari Fakultas Psikologi di Harvard University periode 1999-2004.

Ia kemudian meraih gelar doktoral di Northwestern University pada tahun 2010.

Karier Stella semakin meroket dengan profesor psikologi dan guru besar di Tsinghua University sejak tahun 2018 sampai sekarang. Ia turut menjadi pendiri dan direktur Pusat Kognitif Anak Tsinghua.

Stella tercatat banyak mengeluarkan jurnal yang berkaitan dengan bidang keilmuannya. Misalnya, Journal of Cognition and Development pada 2010. Penelitian tersebut berhasil meraih artikel terbaik dalam Editor’s Choice Award.

Prabowo sebelumnya mengumumkan 53 orang menteri Kabinet Merah Putih. Daftar itu terdiri dari tujuh kementerian koordinator, 41 kementerian, serta lima kepala lembaga.

Lalu ada 56 orang wakil menteri di Kabinet Merah Putih. Dua di antaranya adalah wakil menteri koordinator.

Usai pengumuman susunan kabinet, Prabowo dijadwalkan melantik menteri dan wakil menteri Kabinet Merah Putih hari ini, Senin (21/10).
.
Pelantikan akan dibagi dalam dua gelombang. Pelantikan menteri digelar pukul 10.00 WIB. Acara dilaksanakan di Istana Kepresidenan Jakarta.

“Rencana besok pagi akan saya lantik para menteri pukul 10.00 dan pada siang harinya saya akan lantik para wamen,” ungkap Prabowo di Istana Merdeka, Jakarta, Minggu (20/10).

(dmi)

[Gambas:Video ]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *