Prabowo Resmi Lantik 3 Wakil Menteri Luar Negeri




Jakarta, Indonesia

Presiden RI Prabowo Subianto melantik tiga wakil menteri luar negeri di kabinet Koalisi Merah Putih (KMP) di Istana Merdeka pada hari ini, Senin (21/10).

Mereka yakni ketua umum partai Gelora Anis Matta, Duta Besar RI untuk PBB di New York Arrmanatha Nasir, dan Duta Besar RI untuk Jerman Arif Havas Oegroseno.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya akan setia kepada Undang-Undang Republik Indonesia tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus- lurusnya,” kata para wakil menteri saat mengucap janji.

Mereka lalu berujar, “Demi Dharma bhakti saya kepada bangsa dan negara bahwa saya dalam menjalankan tugas akan menjunjung tinggi etika jabatan bekerja dengan sebaik-baiknya dengan penuh rasa tanggung jawab.

Prabowo juga melantik 53 wakil menteri lain. Wamenlu kali ini merupakan pertama dalam catatan sejarah Indonesia Menlu berjumlah tiga orang.

Pada pekan lalu, saat Prabowo memanggil calon menteri dan wakil menteri, Anis mengaku dia akan menjadi wamenlu yang mengurus dunia Islam, sementara Tata sapaan akrabnya Arrmanatha, fokus urusan Amerika-Eropa.

“Tadi yang barusan (Tata), beliau akan lebih fokus untuk Amerika dan Eropa. Saya lebih fokus ke dunia islam,” ungkap dia usai mengunjungi kediaman Prabowo.

Saat itu, nama Arif Havas tak beredar di publik sebagai calon wakil menlu. Anis juga tak mengetahui di wilayah mana tugas-tugas Arif Havas.

Sejauh ini, kawasan yang tak dipegang wamenlu adalah Asia, Indo-pasifik, Afrika, dan Amerika Latin.

 

(isa/dna)


[Gambas:Video ]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *