DPR Gelar Paripurna Pengesahan Pimpinan dan Mitra Komisi Besok




Jakarta, Indonesia

DPR akan menggelar rapat paripurna pengesahan pimpinan 13 komisi dan alat kelengkapan dewan (AKD) lain pada Selasa (22/10). Paripurna juga akan menetapkan mitra kerja komisi serta AKD tersebut.

“Nanti akan ditetapkan besok di rapat paripurna yang akan dilakukan pada hari Selasa,” kata Ketua DPR Puan Maharani di kompleks parlemen, Senayan, Senin (21/10).


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Politisi PDIP itu menjelaskan DPR baru bisa mengesahkan pimpinan komisi dan mitra kerjanya karena menunggu Presiden Prabowo Subianto melantik menteri/kepala lembaga. Sebab, mitra kerja komisi di DPR menyesuaikan kementerian/lembaga yang ada.

“Menetapkan jumlah komisi dan AKD, dan jumlah pimpinan komisi-komisi dari semua fraksi yang ada,” ucap dia.

Pada kesempatan itu, Puan memastikan tidak ada pembangunan ruangan baru di kompleks parlemen menyusul adanya tambahan dua komisi untuk periode 2024-2029. Puan mengatakan ruangan yang tersedia di DPR saat ini sudah cukup.

“Enggak ada penambahan bangunan, tapi memang sudah disiapkan ruangan,” katanya.

Namun, dia mengaku belum tahu persis di mana ruangan untuk komisi yang baru dibentuk. “Pokoknya di gedung DPR ini, yang ada dan existing,” ucap Puan.

Sebelumnya, DPR hanya punya 11 komisi. Namun, DPR periode ini menambah dua komisi, sehingga totalnya jadi 13.

Hal ini bertalian dengan membengkaknya jumlah kementerian di kabinet Prabowo. Jumlah kementerian/lembaga yang telah diumumkan Prabowo mencapai 48.

Selain itu, DPR juga telah mengesahkan AKD baru bernama ‘Badan Aspirasi Masyarakat’.

(thr/mab/tsa)

[Gambas:Video ]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *