Menteri Pariwisata Widiyanti Usai Sertijab: Ini Tanggung Jawab Besar




Jakarta, Indonesia

Widiyanti Putri Wardhana telah resmi menjabat sebagai Menteri Pariwisata untuk periode 2024-2029 setelah menggantikan Sandiaga Salahuddin Uno, yang sebelumnya menjawab Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf).

Acara serah terima jabatan (sertijab) dari Sandiaga ke Widiyanti telah dilakukan di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona Jakarta, Senin (21/10). Widiyanti mengaku antusias menerima jabatan Menteri Pariwisata atau Menpar.

“Ini merupakan tanggung jawab yang besar, tapi saya sangat antusias untuk bekerja keras bersama seluruh jajaran Kementerian Pariwisata,” ujar Widiyanti dalam sambutannya sebagai Menpar di Gedung Sapta Pesona Jakarta, Senin (21/10).


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Wanita yang akrab disapa Widi ini mengatakan memiliki empat strategi untuk membangun pariwisata Indonesia. Dia juga menambahkan, langkah pertama setelah serah terima jabatan yakni mengenal skuat di kementerian pariwisata.

Istri dari eksekutif bisnis Indonesia Wisnu Wardhana ini juga akan menyamakan visi dan misi agar bisa bekerja secara bersama-sama di Kementerian Pariwisata.

“Yang menjadi prioritas saya dalam beberapa hari ke depan adalah untuk mengenal bapak dan ibu sekalian, menyatukan visi dan misi untuk bersama-sama memperkuat kerja kementerian ini,” katanya.

Sementara itu, empat strategi yang bakal ia terapkan ketika bekerja sebagai Menteri Pariwisata adalah transformasi pariwisata menuju Indonesia Emas 2045, di antaranya terkait infrastruktur, investasi, sumber daya manusia dan promosi.

“Dalam enam bulan pertama, saya akan fokus pada beberapa inisiatif, seperti hearing aspirasi transformasi pariwisata dengan pihak-pihak terkait,” tutur Widi.

Wanita yang sebelumnya menjabat Komisaris di PT Teladan Aprima Agro (TPA) ini bakal menyusun rencana terkait Tourism 5.0, contohnya pemasaran calendar of events yang berbasis digital dan AI dan membuat rumusan gerak strategi penggunaan Indonesia Tourism Fund untuk diversifikasi atraksi nusantara dan acara berskala internasional.

“Serta merancang kerja sama dengan instansi lainnya untuk transfer knowledge yang menggunakan pola unggulan pariwisata kelas dunia,” ucapnya.

“Semoga kehadiran saya di kementerian ini dapat diterima dengan tangan terbuka. Saya semangat untuk terus bekerja keras bersama seluruh di Kementerian Pariwisata, segenap kementerian dan lembaga di Kabinet Merah Putih, serta seluruh stakeholder pariwisata di Indonesia,” imbuhnya.

(wiw)

[Gambas:Video ]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *