Dewan Dakwah Akui Ahmad Zain An-Najah Pengurus, Kerap Isi Kajian



Jakarta, Indonesia —

Pimpinan Pusat Dewan Dakwah Islamiyah Indonesia mengakui bahwa tersangka kasus terorisme Ahmad Zain An-Najah yang ditangkap Detasemen Khusus 88 Antiteror Mabes Polri merupakan salah satu pengurusnya.

Di situs resmi Dewan Dakwah, Zain tercatat menjabat sebagai Wakil Ketua Umum IV periode 2020-2025.

“Iya benar [pengurus Dewan Dakwah],” kata Ketua Bidang Politik, Hukum dan HAM Dewan Dakwah, Taufik Hidayat Kepada Indonesia.com, Kamis (18/11).

Taufik menjelaskan bahwa Zain bergabung ke Dewan Dakwah sejak tahun 2010 lalu. Ia menceritakan Zain sebagai sosok yang aktif menulis buku dan mengisi kajian di media sosial YouTube selama ini.

“Sering pula mengisi undangan dari para jemaah,” kata dia.

Taufik menegaskan bahwa dirinya dan para pengurus Dewan Dakwah sama sekali tak mengetahui bila Zain diduga memiliki afiliasi dengan kelompok teroris Jamaah Islamiyah (JI).

Melihat hal itu, Ia mengaku akan mengkonfirmasi terlebih dulu tudingan itu kepada Zain. Hal itu dilakukan bila nanti diberikan kesempatan untuk menemuinya.

“Lagi dirapatkan dulu, kami ingin tabayyun dulu dengan Ustaz Zain, baru ambil langkah-langkah,” ucapnya.

Lebih lanjut, Taufik juga mengatakan pihaknya terbuka peluang memberikan bantuan hukum bagi Zain. Ia mengatakan pihaknya akan berkoordinasi terlebih dulu terhadap pihak keluarga Zain untuk mempersiapkan hal tersebut.

“Insyaallah lagi disiapkan segala sesuatunya. Akan koordinasi ke keluarga juga untuk masalah bantuan hukum. Kemungkinan besar nanti atas nama keluarga,” kata dia.

Sebelumnya, Wasekjen MUI Ikhsan Abdillah sempat menyatakan bahwa Zain merupakan anggota Komisi Fatwa MUI yang merupakan representasi dari Dewan Dakwah. Sebab, MUI sendiri merupakan representasi dari banyak ormas Islam yang ada di Indonesia.

“MUI kan representasi dari ormas Islam. Dan MUI di antaranya dari Dewan dakwah. Saya juga gak tau kesehariannya, yang saya tahu beliau anggota komisi fatwa aja,” kata Ikhsan beberapa waktu lalu.

Densus 88 menangkap Zain An-Najah di wilayah Bekasi, Jawa Barat, Selasa (16/11) lalu. Zain diduga tergantung dalam anggota Dewan Syuro Jamaah Islamiyah (JI) dan juga Ketua Dewan Syariah Lembaga Amil Zakat Baitul Maal Abdurrahman Bin Auf (LAZ BM ABA) atau Yayasan amal yang didirikan untuk pendanaan JI.

(rzr/DAL)

[Gambas:Video ]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *