Tanda dan Bahaya Pakai Lipstik Kedaluwarsa



Jakarta, Indonesia —

Pandemi Covid-19 membuat penggunaan riasan seperti lipstik mungkin jadi lebih jarang karena lebih sering ditutup masker. Tak ayal, lipstik pun mungkin masih tersimpan rapi dan tersisa dalam kotak makeup Anda, yang tanpa disadari telah kedaluwarsa.

Oleh karena itu, sebelum Anda mulai menggunakannya kembali, pastikan riasan termasuk lipstik Anda dalam kondisi aman. Pasalnya, penggunaan lipstik yang telah kedaluwarsa dapat menyebabkan sejumlah masalah pada bibir Anda.

Berikut tanda serta bahaya pakai lipstik yang telah kedaluwarsa.

Tanda lipstik kedaluwarsa

Lipstik umumnya bertahan sekitar 12-18 bulan. Meskipun lipstik dan dikemas dengan pengawet seperti paraben, minyak esensial dan vitamin untuk menangkal kuman, tapi ini secara alami mulai rusak setelah satu tahun.

Berikut cara sederhana untuk mengetahui lipstik Anda tidak baik untuk digunakan.

1. Cek tanggal kedaluwarsa

Cara ini tentu menjadi hal sederhana dan yang utama untuk Anda lakukan.

Namun jika kemasan sudah lusuh dan tak lagi tampak tanggal kedaluwarsa maka Anda dapat memeriksanya lewat sejumlah tanda lain.

2. Perhatikan baunya

Lipstik yang sudah kedaluwarsa biasanya menimbulkan bau yang aneh.

3. Tidak lagi lembap

Periksa apakah itu mengeluarkan kelembapan dan dapat dengan mudah di bibir atau tidak. Jika tidak, maka lipstik Anda mungkin sudah kedaluwarsa.

Riasan yang kedaluwarsa dapat menjadi kering atau rapuh, dan Anda tidak boleh menggunakan air atau air liur untuk melembapkannya, karena dapat membawa bakteri.

4. Warna tak lagi cerah

Pigmen warna mungkin tidak terlihat cerah dan mungkin tampak padat serta sulit digunakan

Bahaya pakai lipstik kedaluwarsa

Jika Anda tidak memperhatikan dan menggunakan lipstik kedaluwarsa, berikut bahayanya.

Sebagaimana dilansir Times of India, lipstik kedaluwarsa dapat memiliki iritasi dan bakteri, yang dapat menyebabkan gatal di dalam dan di sekitar mulut.

Lipstik mengandung lanolin, yang memiliki komposisi kompleks dan dapat dengan mudah menyebabkan reaksi alergi seperti kekeringan, gatal dan nyeri.

Sementara menurut Healthline, riasan termasuk lipstik yang kedaluwarsa juga dapat mulai menjadi sarang bakteri yang dapat menyebabkan:

– jerawat

– ruam

– infeksi bakteri

– bengkak

(agn)

[Gambas:Video ]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *