Daftar Wilayah Terendam Banjir Pekan Kedua November, Medan-Banjarmasin



Jakarta, Indonesia —

Hujan intensitas sedang hingga tinggi mengguyur sejumlah wilayah Indonesia secara merata dalam sepekan terakhir. Hal itu dengan sistem drainase yang kurang baik menyebabkan banjir merendam sejumlah wilayah di Indonesia.

Berikut daftar wilayah di Indonesia yang terkena banjir selama pekan kedua November:

Medan, Sumatera Utara

Sebanyak 427 rumah warga di Kota Medan, Sumatera Utara terendam air. Curah hujan yang tinggi menyebabkan Sungai Deli dan Sungai Babura meluap.

Tercatat, sekitara 100 rumah di Jalan Karya Jaya, Kelurahan Gedung Johor, Kecamatan Medan Johor terendam banjir dan 795 orang terdampak.

Kemudian, 145 rumah di Jalan Brigjend Katamso Lingkungan 7, 8 & 9, Kelurahan Sei Mati, Kecamatan Medan Maimun dan 1.125 orang terdampak dari banjir tersebut.

Ketinggian air yang merendam sejumlah kawasan tersebut bervariasi mulai dari 80 – 160 cm.

Kabupaten Aceh Selatan, Aceh

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Aceh Selatan, Aceh mengatakan ribuan warga di 22 gampong yang tersebar di tujuh kecamatan di kabupaten itu terdampak bencana ini.

Banjir yang merendam pemukiman penduduk berkisar 20 hingga 50 cm. Banjir disebut akibat meluapnya air sungai ke pemukiman penduduk. Selain luapan air sungai, drainase atau saluran pembuangan air juga tidak berfungsi.

Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat

Hujan deras yang mengguyur beberapa daerah di Sukabumi, Jawa Barat, Selasa (9/11) menyebabkan banjir di sejumlah titik. Sejumlah rumah terendam, dan bahkan satu warung rusak terseret arus banjir.

Banjir terjadi di kawasan Jalan Cagak, Gank Maloyot Pesantren, Desa Cibatu, Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi. Banjir juga merendam sebagian Jalan Lingkar Selatan dan Terminal Tipe A KH Ahmad Sanusi, Kota Sukabumi.

Banjir dipicu hujan deras yang mengguyur dari siang hingga malam, dan juga kondisi drainase yang tidak berfungsi. Sehingga, air tidak bisa terserap dan dampaknya air sungai yang meluap tersebut masuk ke permukiman warga dan merendam jalan raya.

Lanjut ke sebelah…


Daftar Wilayah Terendam Banjir Pekan Kedua November, Medan-Banjarmasin


BACA HALAMAN BERIKUTNYA



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *