Satgas Covid Minta Kalteng Waspada Varian Corona AY.4.2



Jakarta, Indonesia —

Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Suharyanto meminta kepada Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) mengantisipasi varian baru virus corona (Covid-19), AY.4.2 yang telah terdeteksi di Singapura dan Malaysia.

“Varian AY.4.2 sudah mulai masuk ke Malaysia. Ini yang harus kita antisipasi. Negara-negara di Eropa kasus Covid-19 sudah naik,” kata Suharyanto dalam keterangan tertulis, Sabtu (20/11), dilansir Antara.

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) itu juga meminta seluruh pihak mengantisipasi momentum Hari Raya Natal 2021 dan Tahun Baru 2022. Dua momentum itu dapat mendorong masyarakat beraktivitas di luar rumah dan memicu lonjakan kasus Covid-19.

Menurut Suharyanto, Indonesia belum bisa melewati libur panjang seperti perayaan Natal dan Tahun baru tanpa lonjakan kasus Covid-19.

“Mudah-mudahan untuk tahun ini kita bisa berhasil. Kalaupun ada peningkatan tapi tidak terlalu drastis dan segera dapat diatasi,” ujarnya.

Berdasarkan data Satgas Covid-19, dalam kurun waktu 2020 lonjakan kasus Covid-19 di Tanah Air terjadi usai libur panjang saat Idul Fitri, libur Hari Kemerdekaan, libur Maulid Nabi Muhammad SAW.

Pada 2021, Indonesia bahkan dihantam gelombang kedua setelah libur panjang Idul Fitri 2021, ditambah dengan masuknya varian Delta.

Mantan Pangdam V Brawijaya itu meminta seluruh pihak untuk terus mematuhi protokol kesehatan dan segera vaksinasi Covid-19.

“Jadi protokol kesehatan ini terus dijaga. Jangan sampai nanti muncul klaster lagi, utamanya di pengungsian. Terkadang kita lupa saat kondisi bencana untuk terus disiplin protokol kesehatan, ibu-ibu di dapur umum, jika tidak bisa jaga jarak minimalnya jangan sampai lepas masker. Kalau tidak punya, akan dibagikan secara gratis,” kata Suharyanto.

(Antara/fra)

[Gambas:Video ]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *