Tahapan Sehat Ajari Anak Batita Calistung



Jakarta, Indonesia —

Membaca, menulis, dan berhitung (calistung) menjadi hal yang rasanya diwajibkan orangtua untuk dikuasai anak. Tak sedikit orangtua berlomba-lomba agar anaknya bisa menguasai calistung di usia sedini mungkin.

Meski demikian, kemampuan calistung yang cepat dikuasai anak sebenarnya bukan penentu Anda sukses menjadi orang tua atau menjadi tolak ukur kepintaran anak.

Psikolog Anak, Alzena Masykouri mengatakan, bagi anak dan orang tua yang terpenting adalah interaksi dan pertumbuhan yang sesuai dengan kemampuan anak.

“Pada usia dini, kemampuan calistung belum sepenting kemampuan yang lain. Kemampuan terpenting yang harus dikuasai adalah mengelola diri, mampu mengenali kebutuhan, serta mengomunikasikan dan memenuhi kebutuhan itu dengan cara yang efektif,” kata Alzena saat dihubungi Indonesia.com melalui pesan singkat, Senin (15/11).

Cara mengajari anak batita calistung

Pemaksaan bukan sesuatu yang bisa dibenarkan, sebaik apapun niat orang tua untuk mengajari calistung kepada anaknya. Sebagai orang tua Anda tak bisa memaksakan keinginan agar anak bisa calistung sejak dini.

Alzena mengungkapkan, mengajari anak dengan perlahan adalah hal yang baik. Oleh karenanya membuat anak menyukai calistung dengan pengenalan visual pun sangat disarankan.

“Misalnya memenuhi rak dengan buku-buku, baik juga memulainya dengan buku bergambar dan corak warna yang beragam,” kata Alzena.

Simak penjelasan lebih lanjut di halaman berikutnya.

Berikut cara mengajari anak calistung


BACA HALAMAN BERIKUTNYA



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *