Kamala Harris Jabat Presiden AS sampai Prabowo Bertemu Wakil Israel



Jakarta, Indonesia —

Wakil Presiden Amerika Serikat, Kamala Harris, mencetak sejarah sebagai perempuan pertama yang menjabat sebagai presiden AS meramaikan berita internasional pada Sabtu (20/11).

Pertemuan Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto dengan wakil Israel dan kabar keberadaan petenis China, Peng Shuai, yang dikabarkan menghilang juga menjadi sorotan berita internasional pada Minggu (21/11).

Berikut kilas berita internasional selama akhir pekan kemarin.

1. Nasib Kelam Perempuan Afghanistan, Tewas Usai Demo Anti-Taliban

Salah salah aktivis perempuan Afghanistan, Forouzan Safi, pernah turut memprotes Taliban sebelum akhirnya ditemukan tewas pada akhir Oktober lalu.

Safi dilaporkan meninggalkan rumah di hari itu dengan membawa paspor. Ia terlanjur yakin, ada seseorang yang akan membantu dirinya keluar dari Afghanistan.

Tak lama setelah meninggalkan rumah, ia ditemukan tewas penuh dengan peluru di tubuhnya bersama tiga perempuan lain, yang juga meninggal.

Berita kematian itu menggema di lingkungan aktivis yang selama ini terus berjuang agar perempuan mendapat hak-haknya di bawah kendali Taliban.

Safi merupakan pengacara hak-hak sipil dan dosen ekonomi di kota Mazar-e-Sharif, Afghanistan utara.

2. Israel Sebut Saudi Teken Kontrak Normalisasi Diplomatik Tahun Depan

Menteri Kawasan Regional Israel, Issawi Frej, mengatakan bakal ada penandatanganan perjanjian normalisasi hubungan diplomatik antara negaranya dengan Arab Saudi pada tahun depan. Perjanjian juga akan diikuti dengan beberapa negara lain di kawasan Timur Tengah.

“Beberapa negara bagian sedang menunggu untuk menandatangani perjanjian, dan Israel berhubungan dengan hampir setiap negara bagian di kawasan itu,” ungkap Frej seperti dilansir dari The Times of Israel, Minggu (21/11).

Menurutnya, perjanjian normalisasi hubungan dengan Israel seharusnya turut menyertakan Palestina. Namun, pemerintah Palestina justru mengecam perjanjian ini.

“Perjanjian normalisasi dengan negara-negara Arab pada tahun lalu perlu melibatkan Palestina,” imbuhnya.

3. Petenis China yang Hilang Dilaporkan Telah Bebas, Berada di Rumah

Petenis China Peng Shuai dilaporkan telah bebas dan kembali ke rumah. Ia pun disebut akan segera tampil di depan umum.

Hal ini disampaikan pemimpin redaksi Global Times Hu Xijin, seorang jurnalis media pemerintah terkemuka, Sabtu (20/11).

The Global Times diterbitkan oleh People’s Daily, surat kabar resmi Partai Komunis China yang berkuasa.

Mantan petenis ganda nomor satu dunia Peng dikabarkan menghilang dan tak nampak ke publik sejak dia mengatakan bahwa mantan wakil perdana menteri Zhang Gaoli memaksanya berhubungan seks dan mereka kemudian memiliki hubungan suka sama suka.

Pernyataan ini disampaikan Peng di media sosial China pada 2 November.

4. Kamala Harris Cetak Sejarah, Wanita Pertama yang Pegang Kekuasaan AS

Wakil Presiden Amerika Serikat Kamala Harris membuat rekor sebagai wanita pertama yang pernah memegang kekuasaan presiden AS meski hanya dalam waktu singkat.

Harris memegang kekuasaan presiden selama satu jam 25 menit pada Jumat (19/11) waktu setempat. Joe Biden untuk sementara mengalihkan kekuasaannya kepada Harris saat dirinya berada di bawah pengaruh obat bius untuk kolonoskopi rutin.

Direktur Center for American Women and Politics, Debbie Walsh mengatakan meski hal tersebut menjadi momen bersejarah, namun tidak dihitung sebagai seorang wanita pertama yang menjabat sebagai presiden di AS.

5. Prabowo Diskusi dengan Wakil Israel di Tengah Isu Normalisasi

Menteri Pertahanan Republik Indonesia, Prabowo Subianto, terlihat berdiskusi dengan Kuasa UsahaIsrael untuk Bahrain, Itay Tagner, di forum internasional pada Sabtu (20/11).
Interaksi secara terbuka itu dianggap jarang terjadi lantaran RI dan Israel tak memiliki hubungan diplomatik. Terlebih,obrolan tersebut dilakukan di tengah isu normalisasi negara-negara Timur Tengah dengan Israel.

Menurut foto yang dirilis AFP, pertemuan Prabowo dan Tagor terjadi di sela-sela konferensi tahunan Manama Dialogue ke-17 di ibu kota Bahrain, Manama.

Namun dikutip Times of Israel, dalam pertemuan itu tak disebutkan rincian lebih lanjut terkait pembicaraan antar keduanya.

Israel dan Indonesia diketahui tak memiliki hubungan diplomatik formal.

(rds)

[Gambas:Video ]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *