7 Perawatan Penting Bagi Pemakai Kawat Gigi



Jakarta, Indonesia —

Kawat gigi merupakan salah satu bentuk perawatan yang biasanya digunakan menata barisan gigi yang tak beraturan. Butuh perawatan ekstra saat Anda memutuskan memakai kawat gigi.

Salah satu tantangan yang terbesar pakai kawat gigi adalah memastikan kebersihan gigi. Anda tentu tak ingin ada sisa makanan di antara kawat yang tengah digunakan atau kotoran yang menempel menyebabkan masalah lain: gigi berlubang dan bau mulut

Joana Forsea, asisten profesor dan direktur klinis Departemen Ortodontik di Sekolah Tinggi Kedokteran Gigi Universitas New York menyebut, risiko besar bisa didapat seseorang berkaitan dengan gigi saat menggunakan kawat gigi karena perilaku yang salah saat menggunakan kawat gigi.

“Masalah periodontal dan kebersihan yang buruk berjalan beriringan,” katanya, seperti dikutip Bustle.

Kawat gigi terdiri dari sistem kawat, pita, dan braket yang ditempelkan pada gigi. Kawat gigi juga merupakan ladang ranjau sisa makanan dan bakteri karena sangat sulit dibersihkan.

Untuk itu, penting memastikan perawatan yang tepat bagi pemakai kawat gigi. Berikut cara menjaga kebersihan gigi dan mulut saat Anda menggunakan kawat gigi.

1. Sikat gigi setelah makan

Tak hanya pagi dan sore hari, saat menggunakan kawat gigi, Anda perlu menyikat gigi setiap kali selesai makan dan ngemil. Anda juga harus selalu menyikat dan membersihkan benang di kawat gigi sebelum tidur.

Selain itu, jadwalkan untuk melakukan pemeriksaan gigi setiap tiga sampai enam bulan.

2. Hindari makan tertentu

Hindari makanan manis, seperti permen dan yang mengandung gula. Pasalnya, ini bisa menimbulkan masalah lain pada gigi saat memakai kawat gigi yang membuat proses pembersihan lebih sulit.

3. Gunakan sikat gigi berbulu lembut

Jangan terfokus pada warna, saat menggunakan kawat gigi hal yang perlu diperhatikan adalah bulu sikat. Gunakan bulu sikat ekstra lembut yang tidak akan merusak kawat gigi Anda tapi mampu membersihkan hingga ke sela-sela.

4. Pilih pasta gigi

Gunakan pasta gigi yang mengandung Fluoride. Zat ini dipercaya bisa memperkuat email gigi sehingga lebih tahan terhadap pembusukan.

5. Fokus saat menyikat gigi

Sikat gigi selama dua menit penuh sangat direkomendasikan bagi Anda yang menggunakan kawat gigi. Anda juga harus menyikat hingga ke bagian sudut agar sisa makanan bisa terangkat sepenuhnya.

6. Lindungi gigi setiap berolahraga

Menggunakan kawat gigi bukan berarti Anda berhenti berolahraga. Namun ada yang tetap harus diperhatikan demi keamanan dan kenyamanan gigi.

Sebagaimana dilansir Manus Dental, penting bagi Anda untuk melindungi gigi saat berolahraga. Bicaralah dengan dokter gigi tentang pelindung mulut untuk melindungi perangkat Anda dan menjaga mulut Anda tetap aman.

7. Jangan lewatkan janji temu dokter

Kunjungan rutin ke dokter atau ortodentik harus selalu dilakukan. Banyak hal yang akan diperiksa, mulai dari penyesuaian benang, dan memastikan tidak terjadi pembusukan gigi hingga radang gusi.

(tst/agn)

[Gambas:Video ]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *