Fenomena Antariksa Ujung November 2021: Nadir Ka’bah



Jakarta, Indonesia —

Pada pekan keempat November 2021, sejumlah fenomena antariksa diprediksi bakal terjadi, termasuk Nadir Ka’bah.

Dilansir situs LAPAN, disebut Nadir Ka’bah adalah fenomena astronomis ketika matahari berada tepat di nadir atau titik terbawah saat tengah malam bagi pengamat yang berlokasi di Ka’bah, Mekkah, Arab Saudi.

Akibat bentuk bumi yang bulat, matahari akan berada tepat d atas titik antipode Ka’bah (titik yang terletak di belahan Bumi yang berlawanan terhadap Ka’bah) ketika tengah hari.

Hal itu berujung bayangan matahari pagi, siang dan sore akan mengarah ke kiblat.

Fenomena ini disebut akan berlangsung dua kali dalam setahun. Untuk 2021, fenomena ini sebenarnya sudah terjadi pada 13 Januari lalu pukul 00.20 waktu Arab Saudi atau 6.29 WIT dan akan kembali terjadi pada 29 November pukul 00.09 waktu Arab Saudi atau 06.09 WIT.

Fenomena ini biasanya dimanfaatkan untuk meluruskan arah kiblat. Tapi, cara itu hanya bisa digunakan di wilayah yang terkena ketika matahari berada di atas ufuk.

Wilayah Indonesia yang terkena fenomena ini adalah Provinsi Maluku (kecuali Pulau Buru), Provinsi Papua Barat, Papua, Timor Leste (kecualiĀ distrik Oecussi), Papua Nugini.

Berlaku juga di Selandia Baru, sebagian besar Australia, negara-negara di Oseania, Amerika Serikat, sebagian besar Kanada, Amerika Tengah dan Amerika Selatan.

Untuk melakukan pengukuran kiblat, pastikan tiga hal telah dilakukan sebelumnya. Pertama, tegak lurus, baik tongkat maupunĀ bandul diletakkan tegak lurus dengan permukaan bumi.

Kedua, tempat meletakkan benda maupun jatuhnya bayangan matahari harus rata. Terakhir tepat waktu, yakni penunjuk waktu harus terkalibrasi dengan baik dan pengukuranĀ dilakukan pada waktu yang ditentukan.

Meskipun demikian, pengukuran dapat dilakukan 40 menit sebelum dan sesudah waktu yang ditentukan dengan toleransi setengah derajat jika cuaca kurang mendukung.

Para astronom mengatakan kepada Alarabiya bahwa Nadir Ka’bah sebelumnya terjadi pada 28 Januari lalu di Mekah, Arab Saudi.

Fenomena langka tersebut akan terjadi pada hari Kamis pukul 12:43 waktu setempat di mana masyarakat Mekkah dapat melihat dengan mata telanjang bulan purnama yang muncul secara vertikal di atas Masjidil Haram.

“Bulan akan terbit dengan matahari terbenam dari ufuk Utara/Timur Laut, dan terbenam di ufuk Utara/Barat Laut, yang berarti akan mensimulasikan jalur tinggi matahari musim panas setelah enam bulan melintasi langit malam, tetapi di utara bulan Lingkaran Arktik, bulan berada 24 jam di atas cakrawala, seperti matahari tengah malam di musim panas,” kata Majed Abu Zahira, presiden Asosiasi Astronomi Jeddah, dalam sebuah wawancara dengan Al Arabiya.

“Bulan akan tetap terlihat di langit selama sisa malam sampai terbenam dengan terbitnya matahari Jumat,” tambahnya.

Abu Zahira menambahkan bahwa fenomena langit dapat digunakan untuk menemukan arah kiblat (arah menuju Ka’bah) secara sederhana dari beberapa wilayah di seluruh dunia.

Umat Islam di lokasi geografis yang jauh dari Masjidil Haram dapat mengandalkan arah bulan. yang menunjuk ke Mekah dengan cara yang sebanding dengan keakuratan aplikasi ponsel pintar.

Simak fenomena antariksa lainnya di halaman berikutnya..


Fenomena Antariksa Lainnya, Meteor


BACA HALAMAN BERIKUTNYA



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *