Disdik Sebut Seluruh Sekolah di Jakarta Sudah Gelar PTM Terbatas



Jakarta, Indonesia —

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) DKI Jakarta Nahdiana menyatakan seluruh sekolah dari semua jenjang pendidikan di Jakarta telah menggelar Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas per 15 November lalu.

“Pada tanggal 15 November 2021, seluruh satuan pendidikan di semua jenjang di DKI Jakarta telah melakukan pembelajaran tatap muka secara terbatas,” kata Nahdiana dalam sebuah webinar, Selasa (23/11).

Merujuk Surat Keputusan Kepala Dinas Pendidikan, setidaknya ada 10.429 sekolah di Jakarta yang telah menggelar PTM terbatas.

Nahdiana menyebut kebijakan menggelar PTM harus diambil untuk mencegah terjadinya learning loss atau kehilangan pembelajaran yang lebih panjang.

“Kita tahu ini akan terjadi learning loss, semakin lama, semakin jenjang pendidikan semakin rendah, ini potensi akan semakin besar,” ucap Nahdiana.

Dalam menggelar PTM Terbatas, Nahdiana mengatakan akan memprioritaskan keselamatan peserta didik, pendidik, tenaga pendidik, dan keluarga.

“Tentunya hal ini kita mulai bukan hanya sekadar memantau proses itu dengan mengisi asesment, melakukan pelatihan, tetapi juga kita perlu bagaimana mengevaluasi dan mencari langkah-langkah yang terbaik bagi anak-anak kita di kemudian hari,” tutur Nahdiana.

Diketahui, Disdik DKI Jakarta sebelumnya menambah jam pelajaran pada PTM terbatas di masa pelaksanaan PPKM level 1. Penambahan jam pelajaran berkisar 1-2 jam dalam sehari.

“Jumlah jam pelajaran ditambah. Yang tadinya 5 jam untuk SMA jadi 7 jam. Tambah 2 jam. SMP yang 4 jam, jadi 6 jam, SD yang 3 jam, jadi 5 jam, PAUD dari 2 jam, jadi 3 jam,” kata kata Kasubag Humas Disdik DKI Jakarta, Taga Radjagah saat dikonfirmasi, Kamis (18/11).

(yog/ptj)

[Gambas:Video ]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *