WhatsApp Lagi Ujicoba Fitur Baru, Buat Kontrol Pesan Audio



Jakarta, Indonesia —

Pesan instan WhatsApp sudah merilis fitur yang bisa mengubah kecepatan pemutaran suara sejak awal tahun lalu.Namun sekarang sedang menguji beta kontrol kecepatan yang sama untuk pesan audio.

Pesan audio adalah catatan suara yang telah Anda teruskan ke obrolan lain, dan dalam proses penerusan itu, ia kehilangan tombol pengaturan kecepatan. Bisanya terdapat tanda microphone berwarna merah.

Saat ini WhatsApp baru menyediakan fitur pengaturan kecepatan di pesan suara, hanya dari dari satu akun, bukan dari pesan suara yang sudah diteruskan berkali-kali.

Tombol tersebut memungkinkan Anda memilih kecepatan 1,5x atau 2x, menurut laporan GSM Arena.

Aplikasi perpesanan kehilangan tombol kecepatan pemutarannya dalam pesan audio yang merupakan catatan suara yang diteruskan ke obrolan lain. Dalam catatan suara yang diteruskan, tak ada tombol pemutaran untuk memilih kecepatan 1,5x atau 2x.

Menurut laporan, mungkin perlu beberapa waktu bagi perusahaan untuk memperkenalkan fitur tersebut di perangkat iOS dan Android. Fitur ini akan tersedia dalam pembaruan mendatang di WhatsApp beta untuk Android dan iOS, menurut laporan WA Beta Info.

Lebih lanjut fitur tersebut telah terlihat di versi terbaru WhatsApp beta untuk iOS, tetapi saat ini sedang dalam pengembangan, dan dipastikan akan datang pada versi berikutnya dari WhatsApp beta untuk Android.

Sebelumnya pada bulan September, diketahui bahwa WhatsApp berencana menawarkan fitur transkripsi pesan suara. WaBetaInfo melaporkan bahwa pihaknya telah melihat perkembangan yang sedang berlangsung yang akan menyediakan transkripsi untuk pesan suara WhatsApp.

Pengguna nantinya akan diminta untuk memberikan akses WhatsApp ke teknologi Speech Recognition perangkat mereka kapan pun mereka ingin menyalin pesan suara.

Anda juga dapat menggunakan layanan transkripsi setelah Anda memberikan izin akses ke WhatsApp. Hal ini bekerja dengan cara yang sama seperti fitur Text to Speech. Sistem membaca suara Anda dan menulisnya menggunakan fitur pengenalan suara.

Saat Anda memutar pesan suara, opsi “Transkrip” akan muncul di mana Anda dapat membaca pesan. Anda juga dapat memutar pesan suara dari titik mana pun.

“Saat pesan ditranskrip untuk pertama kalinya, transkripsinya disimpan secara lokal di database WhatsApp, jadi tidak perlu ditranskrip lagi jika Anda ingin melihat transkripsinya nanti,” kata WaBetaInfo.

Dikutip 9to5mac, untuk saat ini belum diketahui pasti kapan fitur tersebut akan diluncurkan di Android tetapi transkrip pesan suara akan segera tersedia untuk pengguna iOS beta.

[Gambas:Video ]

(can/eks)

[Gambas:Video ]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *