Anies soal Izin Reuni 212: Lagi Pembahasan



Jakarta, Indonesia —

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan izin untuk reuni 212 di Jakarta masih dalam pembahasan.

“Itu lagi pembahasan,” kata Anies di Balai Kota Jakarta, Kamis (25/11).

Namun demikian, Anies tidak menjelaskan lebih lanjut soal pembahasan itu.

Sebelumnya, Panitia Reuni Aksi 212, Eka Jaya berencana tetap menggelar Reuni Aksi 212 dengan titik pusat di kawasan Patung Kuda Arjuna Wijaya, Jalan Medan Merdeka, Jakarta Pusat pada 2 Desember 2021 pekan depan.

“Insya Allah di Patung Kuda,” kata Eka kepada Indonesia.com, Selasa (23/11).

Eka menjelaskan bahwa rencana Reuni 212 nantinya tetap berbentuk format menggelar aksi massa. Ia mengklaim kegiatan itu dimungkinkan karena DKI Jakarta sudah memasuki level 1 Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dalam mencegah virus corona (Covid-19).

Eka tak menjelaskan secara rinci berapa estimasi massa yang akan hadir dalam agenda tersebut. Ia memprediksi bahwa sekitar jutaan.

Sementara itu, Polda Metro Jaya menyatakan hingga saat ini belum mengeluarkan izin terkait acara reuni itu.

“Hingga saat ini perlu saya sampaikan Polda Metro Jaya belum mengeluarkan izin kegiatan, jadi belum ada yang memiliki izin kegiatan untuk kegiatan 212,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan kepada wartawan, Kamis (25/11).

Ia menerangkan untuk menggelar sebuah kegiatan yang mendatangkan massa dalam jumlah banyak, penyelenggara mesti mengajukan surat pemberitahuan surat permohonan izin keramaian.

Setelahnya, barulah kepolisian bakal menerbitkan Surat Tanda Terima Pemberitahuan (STTP) atas kegiatan tersebut. Namun, ada sejumlah persyaratan yang mesti dilengkapi oleh penyelenggara.

Terkait Reuni 212 itu, diungkapkan Zulpan, pihak penyelenggara sudah mengajukan izin ke pihak kepolisian pada Kamis (18/11) lalu.

Namun, pihak penyelenggara belum melengkapi terkait surat rekomendasi dari Satgas Covid-19. Surat rekomendasi ini, lanjutnya, diperlukan karena saat ini Jakarta masih berada dalam situasi pandemi virus corona.

“Iya salah satunya itu yang belum dipenuhi,” ucap Zulpan.

(yoa/ain)

[Gambas:Video ]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *