4 Pemain yang Gagal Raih Ballon d’Or karena ‘Dirampok’ Messi



Jakarta, Indonesia —

Lionel Messi benar-benar menahbiskan diri sebagai raja Ballon d’Or usai menyabet gelar ketujuh kalinya pada 2021. Namun, ada sejumlah pemain yang diklaim jadi korban keberhasilan La Pulga.

Ballon d’Or merupakan penghargaan spesial yang diberikan kepada pesepakbola atas prestasi hebatnya di atas lapangan. Performa brilian di level klub dan internasional jadi indikatornya.

Penghargaan itu sudah digelar dari 1956 dan bertahan hingga saat ini. Sempat berkolaborasi dengan FIFA pada periode 2010 hingga 2015, apresiasi yang diinisiasi France Football itu akhirnya kembali jalan sendirian.

Juara Ballon d’Or ditentukan dari hasil pemungutan suara yang melibatkan kalangan jurnalis sepak bola, pelatih, dan pemain.

Ballon d’Or pertama dimenangkan oleh Stanley Matthews dari Blackpool. Namun, Messi dan Cristiano Ronaldo telah mendominasinya hingga lebih dari satu dekade. Messi telah mengoleksi tujuh trofi sementara Ronaldo lima gelar.

Hanya Luka Modric yang mampu menyela dominasi Messi dan Ronaldo dalam 12 tahun terakhir. Modric yang cemerlang bersama Real Madrid dan timnas Kroasia berhasil merebut Ballon d’Or 2018.

Sulit membantah Messi sebagai pemain terbaik dalam sejarah sepak bola dunia. Namun, ada beberapa edisi Ballon d’Or yang disebut lebih layak diberikan kepada pemain lain ketimbang Messi.

Berikut sejumlah pemain yang disebut layak menerima Ballon d’Or saat Messi jadi pemenang:

1. Wesley Sneijder

Tahun 2010 jadi salah satu momen kontroversial dalam sejarah penghargaan pemain terbaik dunia, Ballon d’Or. Kemenangan bintang Barcelona, Lionel Messi, menuai kritik besar-besaran.

Keputusan tersebut mengundang kontroversi. Sebab di tahun yang sama Sneijder berhasil mempersembahkan treble kepada Inter Milan usai memenangkan gelar Liga Champions.

Pemain asal Belanda itu bahkan membantu timnya mengalahkan Barcelona dalam laga final, di mana Iniesta, Xavi, dan Messi turut serta.

Kontribusi Sneijder bersama Inter musim tersebut sangat besar. Selain itu, ia juga jadi ruh permain timnas Belanda meski hanya berujung runner up di Piala Dunia.

Akan tetapi, nama Sneijder bahkan tidak masuk tiga besar Ballon d’Or yang dimenangkan Messi. Sementara dua legenda Barcelona, Andres Iniesta dan Xavi juga harus puas berada di posisi kedua dan ketiga.

Baca lanjutan berita ini di halaman berikutnya>>>


Lewandowski Jadi Korban Terbaru Messi


BACA HALAMAN BERIKUTNYA



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *