5 Pemenang Kontroversial Ballon d’Or


Jakarta, Indonesia —

Pemenang Ballon d’Or 2021 telah diketahui yakni Lionel Messi. Bintang Paris Saint-Germain (PSG) itu mengalahkan bomber Bayern Munchen, Robert Lewandowski dan Jorginho (Chelsea).

Hasil itu membuat Messi meraih gelar Ballon d’Or ketujuh sepanjang karier. La Pulga pun makin sulit dikejar oleh sang rival abadi, Cristiano Ronaldo yang mengoleksi 5 gelar.

Gelar Ballon d’Or ketujuh yang diraih Messi turut menuai perdebatan di media sosial. Tak sedikit yang menilai Lewandowski lebih layak meraih gelar tersebut mengacu prestasi dan konsistensi sang pemain sejak tahun 2020.

Selain anggapan Messi dianggap merampok trofi Ballon d’Or dari Lewandowski, terdapat 5 momen lainnya yang juga kontroversial terkait pemenang Bola Emas. Berikut daftarnya seperti dilansir dari Daily Star:

1. Lionel Messi (2010)

Messi di luar dugaan keluar sebagai pemenang Ballon d’Or di tahun itu. Padahal, tahun 2010 sepenuhnya jadi milik pemain-pemain yang berada di timnas Spanyol.

La Furia Roja berhasil keluar sebagai juara Piala Dunia 2020. Banyak pihak pun meyakini gelar Ballon d’Or akan jadi milik Andres Iniesta yang jadi pencetak gol penentu kemenangan Spanyol di final atau rekan setimnya, Xavi Hernandez.




Banner Testimoni

Namun fakta berkata lain. Iniesta hanya menempati posisi kedua dan Xavi di posisi ketiga, sementara posisi pertama malah ditempati oleh Messi.

2. Luis Figo (2000)

Tahun 2000 penuh kontroversi buat seorang Luis Figo. Pria asal Portugal itu pada awal musim pindah dari Barcelona ke rival abadi, Real Madrid.

Selain perpindahan itu, kontroversi lain terjadi karena Figo justru jadi pemenang gelar Ballon d’Or 2000. Ia mengalahkan Zinedine Zidane.

Figo kemudian mengakui ia tidak seharusnya mendapatkan Ballon d’Or. Figo meyakini gelar itu lebih pantas didapat legenda hidup AS Roma, Francesco Totti.

“Maaf untuk mencuri Ballon d’Or 2000. Anda layak mendapatkannya,” ucap Figo.

Baca lanjutan artikel ini di halaman selanjutnya>>>


Kontroversi Nedved hingga Owen


BACA HALAMAN BERIKUTNYA



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *