Cara Membersihkan Pembalut yang Benar


Jakarta, Indonesia —

Pembalut merupakan kebutuhan esensial yang biasa digunakan wanita saat menstruasi untuk menyerap cairan darah dari vagina.

Beberapa pembalut digunakan sekali pakai. Beberapa lainnya dapat dipakai berulang. Meski begitu, keduanya sama-sama harus melewati proses pembilasan atau pembersihan.

Cara membersihkan pembalut yang benar penting diketahui. Terlebih, saat ini jenis pembalut begitu bervariasi sehingga proses membersihkannya relatif berbeda satu sama lain.

Jenis-jenis Pembalut dan Cara Membersihkannya

Seiring berjalannya waktu, pembalut hadir dengan beragam variasinya. Beberapa pembalut juga diklaim lebih ramah lingkungan dan aman untuk digunakan.

1. Pembalut sekali pakai




White clean hygiene sanitary napkin which soft and comfortable gently to skin on black background.Ilustrasi. Cara membersihkan pembalut yang benar tergantung pada masing-masing jenisnya. (Istockphoto/ppengcreative)

Jenis pembalut sekali pakai (disposable pads) paling banyak digunakan dan memiliki berbagai bentuk, ukuran, serta tingkat ketebalan.

Persepsi orang terkait pembalut sekali pakai memang berbeda-beda. Jalan tengahnya bisa dilakukan dengan dua opsi untuk membersihkan.

Cara membersihkan:

1. Cara pertama bisa gunakan plastik kemasannya untuk membungkus pembalut yang kotor sebelum dibuang apabila tidak ingin dicuci.

Karena dirancang sekali pakai, pembalut jenis ini tak masalah jika dicuci. Anda hanya perlu membuangnya ke tempat sampah khusus.

2. Namun, Anda juga bisa mencucinya untuk menghilangkan noda bekas darah serta mengurangi perkembangan bakteri kotor.

Ada baiknya Anda mencuci pembalut kotor diarahkan ke kloset supaya air kotornya langsung terbuang otomatis serta tidak mencemari lantai toilet.

2. Tampon




Menstrual cycle, feminine care, menstruation and intimate products concept with internal tampon isolated on pink background with copy spaceIlustrasi. Ada beberapa cara membersihkan pembalut yang benar. (Istockphoto/nastya_ph)

Tampon merupakan pembalut dengan bentuk seperti kapsul dan memiliki tali panjang pada bagian ujungnya.

Tali tersebut berguna untuk melepaskan tampon dari dalam vagina setelah dipakai. Berikut cara membersihkan pembalut yang benar jenis tampon.

Cara membersihkan:

1. Tampon kotor bekas pakai bisa langsung dibungkus tisu toilet lalu dibuang ke tempat sampah khusus.

2. Opsi kedua, boleh saja dicuci terlebih dulu sambil diarahkan ke kloset supaya airnya terbuang otomatis, lalu bungkus dengan plastik dan buang.

Simak cara membersihkan pembalut yang benar lainnya di halaman berikutnya…

Cara Membersihkan Pembalut yang Benar


BACA HALAMAN BERIKUTNYA



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *