Polda Tak Beri Izin, Korlap Klaim Reuni 212 Tetap di Patung Kuda



Jakarta, Indonesia —

Koordinator Lapangan (Korlap) Reuni Aksi 212 Ismail Ibrahim mengklaim tetap menggelar Reuni 212 dengan tajuk ‘Aksi Super Damai 212’ di kawasan Patung Kuda Arjuna Wiwaha, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Rabu (1/12).

“Insya Allah [di patung kuda]. Bismillah,” kata Ismail kepada Indonesia.com, Rabu (1/12).

Ismail menyatakan rencana aksi tersebut akan digelar pada pukul 08.00 WIB. Ia mengatakan Aksi Super Damai 212 ini untuk menyatakan pendapat yang dilindungi oleh Undang-undang Nomor 9 tahun 1998 tentang Kemerdekaan Menyampaikan Pendapat di Muka Umum.

Dia juga mengeluarkan instruksi terkait Aksi Super Damai 212 yang wajib ditaati oleh peserta. Di antaranya wajib taat dan patuh pada Komando Korlap. Lalu, wajib menjaga keamanan, ketertiban dan kebersihan. Peserta juga wajib dan menjaga protokol kesehatan, seperti memakai masker dan jaga jarak.

“Menjaga wudhu dan berakhlaqul karimah,” bunyi instruksi tersebut.

Ismail juga melarang peserta aksi untuk membawa senjata tajam dan membuat komando sendiri. Lalu, peserta juga dilarang terprovokasi pihak lain serta membuang sampah sembarangan.

“Dilarang membawa anak-anak di bawah umur dan dilarang berkata kasar kepada siapa pun,” bunyi larangan tersebut.

Meski demikian, Ismail baru mengetahui Reuni 212 akan digelar di Patung Kuda saja. Untuk rencana reuni 212 di Sentul, ia mengatakan belum mengetahui apakah akan mengganti ke tempat lain oleh pihak panitia.

Reuni 212 sebelumnya akan digelar juga di Aula Masjid Azzikra, Sentul Bogor, Jawa Barat. Namun, Pengurus Yayasan Azzikra menolak Masjid Azzikra dijadikan lokasi pusat penyelenggaraan Reuni 212.

“Lagi di upayakan sama panitia. Belum [ada kabar],” kata dia.

Polda Metro Jaya sendiri tak memberi izin gelaran Reuni 212 di kawasan tersebut. Aparat pun menutup ruas jalan di sekitar Patung Kuda Arjuna Wiwaha atau sekelilinng Monas guna mengantisipasi massa aksi Reuni Alumni 212.

Penyekatan ini akan dilakukan mulai Rabu (1/12) pukul 24.00 WIB hingga Kamis (2/12) pukul 21.00 WIB.

(rzr/ain)

[Gambas:Video ]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *