Afsel Bersiap Hadapi Gelombang 4 Covid akibat Varian Omicron



Jakarta, Indonesia —

Presiden Afrika Selatan Cyril Ramaphosa mengatakan negaranya tengah bersiap menghadapi gelombang keempat Covid-19 yang disebabkan kemunculan varian Omicron, Senin (6/12). Beberapa rumah sakit di negara itu tengah mempersiapkan diri untuk menerima lebih banyak pasien.

Mengutip Reuters, Ramaphosa mengatakan kalau varian Omicron terlihat mendominasi infeksi virus corona yang terjadi baru-baru ini di hampir seluruh provinsi. Ia juga mengimbau warga untuk mendapatkan vaksin Covid-19.

“Kami akan segera mengadakan pertemuan Dewan Komando Nasional Coronavirus untuk meninjau keberlangsungan pandemi. (Pertemuan) ini memungkinkan kami untuk menerapkan tindakan apapun yang dibutuhkan untuk menjaga masyarakat tetap aman dan sehat,” kata Ramaphosa.

Beberapa waktu lalu, Afsel sempat mencatat kenaikan angka kasus harian dua kali lipat dibandingkan sehari sebelum.

Mengutip Associated Press, kasus Covid-19 di Afrika Selatan naik dari 4.373 pada Selasa (30/11) ke angka 8.561 pada Rabu (1/12). Positivity rate di negara itu juga naik hingga 16,5 persen, setelah sebelumnya hanya satu persen.

Walaupun demikian, kenaikan angka kasus harian Covid-19 di Afsel bukanlah hal yang mengejutkan. Para ilmuwan juga telah memprediksi kemungkinan lonjakan kasus akan menimpa Afsel.

“Ada kemungkinan kami betul-betul mengalami dua kali lipat atau tiga kali lipat kasus seiring waktu berjalan,” ujar virologi regional untuk Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Nicksy Gumede-Moeletsi.

Mengutip data Universitas Johns Hopkins, penambahan angka kasus positif harian di Afsel pada Minggu (5/12) mencapai 11.125 kasus.

Sementara itu, total kasus Covid-19 di Afrika Selatan mencapai 3.031.694 kasus dengan jumlah kematian mencapai 89.966 orang, dikutip dari data yang sama.

(pwn/bac)

[Gambas:Video ]







Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *