Ahmad Dhani dan Once Satu Komisi Urus Pendidikan-Kebudayaan di DPR




Jakarta, Indonesia

Ahmad Dhani dan Once Mekel akan satu komisi di DPR yang mengurusi bidang pendidikan, kebudayaan, hingga olahraga di Komisi X DPR.

Ahmad Dhani adalah anggota DPR dari Fraksi Gerindra yang terpilih di Dapil Surabaya dan sekitarnya pada Pileg lalu. Sedangkan Once terpilih mewakili PDIP dari wilayah Jakarta Selatan dan Luar Negeri.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Selain Dhani dan Once, ada pula sejumlah nama beken lain dari kalangan artis dan musisi di komisi tersebut. Mereka adalah Denny Cagur yang mewakili PDIP, dan Melly Goeslaw yang mewakili Gerindra.

Paripurna DPR kelima masa sidang I 2024-2025, Selasa (22/10) telah menetapkan komposisi dan susunan alat kelengkapan dewan dan pimpinannya.


Penetapan itu mulai dari anggota dan pimpinan komisi, jumlahnya, hingga mitra-mitra komisi tersebut. Setelah diterapkan hari ini, mereka akan mulai bekerja dan menggelar rapat bersama pemerintah.

Pada awal Oktober 2024, Once mengaku tak akan mempersoalkan jika satu komisi dengan mantan koleganya di Dewa 19 yang sempat berseteru beberapa waktu lalu, Ahmad Dhani, di DPR.

[Gambas:Video ]

“Oh enggak apa-apa. Malah seru,” kata Once di kompleks parlemen, Selasa (1/10).

Menjadi anggota DPR, Once mengaku akan menyoroti kebijakan hak cipta di kalangan seniman dan musisi. Menurut dia, hak cipta harus diperbaiki apalagi di tengah kemajuan teknologi.

“Artinya saya kira apalagi dengan datangnya fenomena teknologi baru yang merambah ke industri kreatif kita yaitu artificial intelligence,” kata Once.

Sebelumnya Once dan Dhani sempat berseteru masalah royalti. Dhani menyinggung Once keluar dari Dewa 19 pada 2010 silam, tapi masih menyanyikan lagu Dewa 19 dalam sejumlah penampilan solonya.

Once kini menyatakan tak akan menyanyikan lagu Dhani dan Dewa 19 dalam beberapa waktu mendatang sebagai langkah pribadi, bukan sebagai bentuk penerapan hukum atau ketentuan yang berlaku.

(thr/end)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *