Angin Kencang Jakarta-Tangsel Bukan Akibat Siklon Tropis Paddy



Jakarta, Indonesia —

Angin kencang dilaporkan terjadi di sekitar kawasan provinsi DKI Jakarta, Bekasi, Tangerang Selatan disebut bukan akibat siklon tropis Paddy.

Hal ini disampaikan Fahry Rajab Kepala Pusat Meteorologi Publik BMKG saat dikonfirmasi Indonesia.com.

“Posisi TC Paddy saat ini di Samudera Hindia sekitar 800 km (kilometer) selatan Jawa Tengah. Radius angin kencang yg dihasilkan tidak sampai ke Jawa,” jelasnya saat dihubungi, Selasa (23/11).

Senada, pengamat cuaca dari Sekolah Tinggi Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika, Deni Septiadi menyebut jarak antara keberadaan siklon tropis yang kini ada di Samudera Hindia terlalu jauh untuk berpengaruh pada kondisi cuaca Jabodetabek.

Menurutnya siklon secara fisis bisa mempengaruhi konvektivitas atau pertumbuhan awan-awan konvektif di area dalam radius 1000 kilometer.

Sementara jarak siklon dengan selatan Pulau Jawa saat ini sebesar 800 kilometer, ditambah jarak selatan dan utara Jawa sekitar 400 kilometer. Sehingga total jarak kawasan Jabodetabek berada di luar radius siklon tersebut.

Menurut Deni, kondisi angin kencang malam ini menurutnya lebih cenderung akibat kondisi labilitas atmosfer.

“Labilitas atmosfer benua maritim Indonesia kuat sekali. Suhu muka laut juga sangat hangat 29-30 C ini memudahkan pertumbuhan awan-awan konvektif,” jelasnya.

Angin 30-40 kilometer perjam akibat awan cummulonimbus

Menurut Deni kecepatan angin malam ini terpantau berhembus dengan kecepatan 30-40 kilometer perjam.

“Ini saya cek barusan satelit memang parah. Full covering multi CB cloud (awan cumulonimbus). Angin berkisar 30-40 km per jam. Real-nya pasti lebih,” jelas Deni saat dihubungi, Selasa (23/11).

Warganet pun riuh melaporkan terjadi angin kencang di kawasan mereka. Angin kencang dilaporkan terjadi di Jakarta Selatan oleh akun @madiroch10. Ia pun menyertakan video yang menunjukkan seberapa kencang angin yang berhembus.

Sementara akun @better_be_qu1et juga menyebut hal serupa terjadi di Bekasi.

“Laporan cuaca, Angin kencang berhembus di Bekasi, kenceng banget,” cuitnya.

Kawasan utara Jakarta juga terasa angin berhembus sangat kencang disertai udara dingin seperti dilaporkan akun @SisiwittFrida

“Udara dingin & angin sgt kencang di utara Jakarta,” jelasnya.

Angin kencang juga dilaporkan terjadi di daerah Kembangan, Jakarta Barat.

Sementara akun @wargatangsel juga mengunggah video yang menunjukkan tenda terhempas akibat angin kencang.

[Gambas:Instagram]

(eks)

[Gambas:Video ]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *