Apa Perbedaan Negara Anggota dan Negara Mitra BRICS?




Jakarta, Indonesia

BRICS merupakan blok ekonomi negara berkembang yang resmi berdiri pada 2009.

Saat ini, BRICS terdiri dari 10 anggota tetap yaitu Brasil, Rusia, India, China, Afrika Selatan, Arab Saudi, Ethiopia, Iran, Uni Emirat Arab, Mesir, dan Republik Demokratik Kongo (DRC).


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Di samping anggota tetap, BRICS juga punya mitra yang terdiri dari 13 negara, demikian dilansir Malaysia Focus. Negara-negara mitra tersebut terdiri dari Aljazair, Belarus, Bolivia, Kuba, Kazakhstan, Nigeria, Thailand, Turki, Uganda, Uzbekistan, Vietnam, Indonesia, dan Malaysia.

Perbedaan negara anggota dan negara mitra BRICS

Perbedaan antara negara anggota dan negara mitra BRICS sejatinya terletak pada keterlibatan dan pengambilan keputusan.

Negara anggota punya pengaruh besar terhadap hal yang menyangkut pengambilan keputusan BRICS. Mereka juga punya kewenangan besar dalam menentukan strategi politik, ekonomi, dan strategi perdagangan yang akan diambil BRICS.

Selain itu, negara anggota BRICS juga memiliki posisi tawar yang besar untuk membentuk aliansi dengan negara-negara maju.

Berbeda dengan negara mitra, mereka tidak punya pengaruh yang besar dalam pengambilan keputusan di BRICS.

Selain itu, negara mitra juga tidak punya posisi tawar yang kuat untuk membentuk aliansi dengan negara-negara maju. Negara mitra juga tidak punya kewajiban untuk menghadiri semua pertemuan penting yang dihelat oleh BRICS.

Meski begitu, negara mitra BRICS tetap bisa menuai manfaat dari proyek-proyek kolaborasi yang diselenggarakan oleh semua negara mitra. Beberapa di antaranya, seperti proyek investasi dan proyek energi.

Negara mitra juga boleh menjalin hubungan ekonomi dengan negara anggota BRICS. Namun, biasanya, hubungan tersebut tidak “seintim” hubungan yang dijalin antara sesama negara anggota.

Namun, terlepas dari perbedaan-perbedaan tersebut, baik negara anggota maupun negara mitra BRICS tetap punya misi yang sama, yakni ingin meraih kepentingan bersama untuk memperoleh manfaat di bidang ekonomi dan terlepas dari ketergantungan ekonomi negara Barat.

(gas/bac)


[Gambas:Video ]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *