Apakah Trio Hilgers-Diks-Idzes Terwujud di Indonesia vs Jepang?




Jakarta, Indonesia

PSSI sedang memproses naturalisasi Kevin Diks agar bisa membela Timnas Indonesia saat melawan Jepang dalam lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026 pada 25 Maret 2025.

Diks sudah menemui Ketua Umum PSSI Erick Thohir dan menyatakan kesediaan menjadi Warga Negara Indonesia (WNI). Dengan begitu, proses naturalisasi dimulai.

Jika proses naturalisasi Diks lancar, seperti Mees Hilgers dan Eliano Reijnders, ada peluang Diks membela Timnas Indonesia saat lawan Jepang. Peluang itu tergantung kerja politik PSSI ke pemerintah dan DPR RI.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Saat ini Kevin Diks membela klub kasta teratas Liga Denmark, FC Copenhagen. Pemain 28 tahun ini berposisi sebagai bek tengah dan memiliki postur 186 centimeter.

Pemain yang memiliki darah Indonesia dari pihak ibu (Maluku) ini berpotensi jadi pilihan utama Shin Tae Yong untuk mengisi lini pertahanan Timnas.

Bila Shin Tae Yong langsung memberi kepercayaan, trio Hilger-Diks-Jay Idzes akan segera terwujud. Komposisi ini bisa membuat lini pertahanan Indonesia semakin kukuh.

Sebelumnya, saat melawan Bahrain dan China, Hilgers langsung jadi pilihan utama. Ia berkolaborasi dengan Idzes bersama Jordi Amat, Rizky Ridho, dan Calvin Verdonk.

Dari dua laga tersebut terlihat bahwa Hilgers dan Idzes jadi pilihan utama. Pada saat yang sama Ridho jadi alternatif kedua, setelah Jordi atau bahkan bek sayap Verdonk.

Bisakah Kevin Diks menggeser posisi Ridho, Jordi, atau Verdonk? Potensinya sangat besar, mengingat Diks saat ini tampil di liga yang ketat, UEFA Conference League 2024/2025.

Diks juga merupakan jebolan Belanda U-19, U-20, dan U-21. Rekan seangkatan Diks yang masih aktif di timnas Belanda adalah Denzel Dumfries dan Frenkie de Jong.

Pemain bermarga Bakarbessy ini juga akan menjadi bek senior di antara bek-bek muda seperti Ridho, Hilgers, Idzes, dan Muhammad Ferarri. Hanya Jordi Amat yang memiliki usia lebih tua.

[Gambas:Video ]

(abs/nva)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *