Apple Pimpin Penjualan Ponsel Global Berkat Iphone 16 Series




Jakarta, Indonesia

Apple memimpin pasar ponsel global pada September berkat peluncuran smartphone teranyar mereka iPhone 16 Series.

“Penjualan Apple tumbuh 1 persen pada Kuartal III/ 2024, dan mengukuhkan dirinya sebagai merek terbesar secara global pada bulan September, dibantu oleh peluncuran iPhone 16, meskipun penjualan seri iPhone 16 masih datar,” ujar Research Director Counterpoint Tarun Pathak dalam sebuah keterangan, Selasa (15/10).

“Meskipun seri iPhone 16 mengalami penjualan yang datar pada awalnya, kami memperkirakan permintaan untuk seri iPhone 16 akan tetap stabil karena basis pengguna iPhone yang besar,” tambahnya.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Secara umum, penjualan ponsel pada Kuartal III/ 2024 mengalami pertumbuhan 2 persen YoY (Year on Year). Pertumbuhan YoY di kuartal ketiga ini menjadi yang pertama terjadi sejak periode serupa pada 2018 silam.

Berdasarkan data Counterpoint Research, pertumbuhan pasar ponsel di kuartal ini menjadi yang keempat secara berturut-turut, menunjukkan pemulihan pada pasar smartphone.

Meski pertumbuhan pada kuartal ini lebih rendah dibandingkan kuartal sebelumnya, tetapi pertumbuhan pasar selama 2024 terbilang stabil. Pasar smartphone sepanjang 2024 terbilang cukup baik jika dibandingkan tahun lalu, yang menjadi tahun terburuk dalam satu dekade terakhir.

Pertumbuhan Kuartal III/2024 paling signifikan terjadi di Eropa Barat, Amerika Latin, dan Jepang, dengan masing-masing mengalami pertumbuhan YoY dengan persentase dua digit.

Samsung masih berada di posisi teratas dengan memegang 19 persen pangsa pasar global. Meski demikian, jenama asal Korea Selatan ini mengalami penurunan pangsa pasar sebesar 1 persen YoY.

Keberhasilan Samsung sendiri disebut berkat permintaan seri A dan penjualan flagship S24 yang membaik. Sayangnya, ponsel lipat dari pabrikan asal Korea Selatan ini mendapat sambutan yang kurang baik.

Pabrikan asal Amerika Serikat (AS), Apple, berada di posisi kedua dengan pangsa pasar 16 persen, tidak mengalami perubahan dari periode sama di tahun sebelumnya. Khusus September, Apple menjadi yang teraras berkat smartphone terbaru mereka, iPhone 16 Series.

Jenama asal Negeri Panda, Xiaomi, berada di urutan ketiga pada Kuartal III/ 2024 dengan pangsa pasar 14 persen, tumbuh 1 persen YoY.

Oppo dan Vivo berada di posisi keempat dan kelima dengan pangsa pasar 9 persen. Vivo mengalami pertumbuhan performa sebesar 10 persen (1 persen YoY), sedangkan Oppo mengalami penurunan 3 persen.

“Semua OEM ponsel pintar telah diuntungkan dari pulihnya pasar pada tahun 2024, dan 10 merek teratas memiliki pangsa pasar yang terkonsolidasi. Samsung dan Apple mempertahankan dua posisi teratas pada Kuartal III? 2024, diikuti oleh Xiaomi, OPPO, dan vivo,” tutur Pathak.

(lom/asa)

[Gambas:Video ]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *