Area yang Tak Boleh Disentuh Sebelum Cuci Tangan



Jakarta, Indonesia —

Pasien pertama Covid-19 varian Omicron di Indonesia telah diumumkan pada Kamis (16/12). Pasien pertama ini merupakan seorang petugas kebersihan di Wisma Atlet, salah satu pusat karantina pasien Covid-19 di Indonesia.

Meski demikian, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengklaim bahwa pasien pertama Omicron di Indonesia itu kini telah berstatus negatif.

Pengumuman ini menjadi pengingat untuk tetap waspada, menjalani vaksinasi Covid-19, serta mematuhi penerapan protokol kesehatan, termasuk memakai masker, menjaga jarak, serta mencuci tangan. 

Cara-cara tersebut merupakan salah satu bentuk antisipasi dan perlindungan diri dari penularan varian baru Covid-19 yang disebut lebih cepat menular.

Selain itu, cara lain yang tak kalah penting yakni dengan tidak menyentuh area tubuh tertentu sebelum mencuci tangan atau menggunakan hand sanitizer. Pasalnya, virus dapat bertahan di permukaan kulit manusia sekitar 9-11 jam sehingga mencuci tangan jadi langkah penting.

Berikut beberapa area tubuh yang tak boleh disentuh sebelum mencuci tangan.

1. Rambut

Secara tidak sadar, menyentuh rambut memang jadi kebiasaan. Namun hindari melakukan ini sebelum Anda mencuci tangan atau menggunakan hand sanitizer agar tak tertular Covid-19.

2. Mata

Virus disebut bisa masuk melalui mata. Oleh karenanya, sebaiknya tidak menyentuh area mata jika tangan Anda belum dicuci dengan sabun.

3. Hidung dan mulut

Dua area ini adalah tempat paling sensitif yang bisa menjadi jalan untuk virus, termasuk Covid-19 Omicron masuk ke dalam tubuh. Oleh karena itu, mencuci tangan sebelum menyentuh area tersebut sangat dianjurkan.

Agar terhindar dari penularan Covid-19, mengingat pasien pertama omicron sudah ditemukan di Indonesia, hal utama yang perlu dilakukan adalah menerapkan protokol kesehatan. Anda juga bisa menjaga imunitas tubuh dengan tidur yang cukup, olahraga, serta makan-makanan bergizi.

(tst/agn)

[Gambas:Video ]







Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *