Arti ’90+8=100′ yang Viral usai Timnas Indonesia U-17 Tekuk Kuwait




Jakarta, Indonesia

Angka ’90+8=100′ mendadak viral usai laga Timnas Indonesia U-17 menghadapi Kuwait pada laga Kualifikasi Piala Asia U-17 2025 di Stadion Abdullah Alkhalifa Alsabah, Mishref, Kuwait, Rabu (23/10) malam.

Tulisan ’90+8=100′ ditulis netizen dan kemudian diunggah di media sosial. Angka penjumlahan yang hasilnya salah secara matematis itu merupakan bentuk sindiran terkait waktu tambahan dalam pertandingan Timnas Indonesia U-17 melawan Kuwait.

Pertandingan tersebut mendapat tambahan waktu delapan menit, namun wasit Ammar Abo Alo tidak menghentikan pertandingan ketika waktu sudah menunjukkan menit ke-98. Alih-alih mengakhiri pertandingan, sang pengadil melanjutkan laga. Pertandingan baru berakhir pada menit ke-100 lebih 22 detik.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Waktu tambahan yang bertambah melebihi durasi yang telah lebih dulu dipampang asisten wasit keempat mengingatkan akan kejadian laga imbang antara Timnas Indonesia dan Bahrain dalam Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Ketika itu waktu tambahan enam menit, namun pertandingan berlanjut hingga Bahrain mencetak gol pada menit ke-99. Pada saat itu wasit Ahmed Al Kaf pun sempat menjadi sorotan. Angka ’90+6′ untuk menyindir wasit sekaligus protes ke AFC pun viral.

Dengan pengalaman buruk soal tambahan waktu yang terjadi di level senior, netizen pun khawatir Timnas Indonesia U-17 juga bernasib serupa. Terlebih situasi laga pun mirip. Kuwait sebagai tuan rumah gencar menyerang dan beberapa kali menyambangi kotak penalti tim Merah Putih pada menit-menit akhir.

Gawang yang dikawal Dafa Al Gasemi pun terancam saat injury time babak kedua, namun pada akhirnya skor 1-0 bertahan dan Timnas Indonesia U-17 tetap meraih tiga poin.

Permainan Timnas Indonesia U-17 sempat menjanjikan pada awal laga dan berbuah gol Mathew Baker, namun setelah mencetak gol performa tim agak goyah.

“Ada beberapa catatan dan itu akan kami perbaiki. Dan itu termasuk bagaimana pemain mengantisipasi serangan balik. Semoga ke depan tim bisa lebih baik,” ujar pelatih Timnas Indonesia U-17 Nova Arianto usai laga.

“Mereka tegang dan terlihat gugup. Namun itu wajar untuk laga pertama. Semoga pada laga berikutnya pemain bisa lebih menikmati pertandingan,” tuturnya menambahkan.

[Gambas:Video ]

(nva/har)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *