Arti dan Fungsi CC dan BCC di Email



Jakarta, Indonesia —

Saat Anda akan mengirimkan email, pada kolom penerima, di sebelah kanan akan ada fitur CC dan BCC. Lalu, apa sebenarnya maksud dari CC dan BCC dan seperti apa penggunaanya?

Jika kembali ke masa sebelum era komputer, untuk menulis surat warga dunia menggunakan mesin tik. Saat akan mengopi surat, maka diletakkan kertas karbon agar apa yang diketik bisa langsung tersalin di kertas lain di belakang surat.

Sehingga ketika Anda mengetik di lembar atas, jejak apa yang Anda ketik akan muncul di kertas karbon. Sementara tulisan yang muncul di kertas karbon akan menjadi salinan dokumen yang sedang diketik.

Beda CC dan BCC

Nah, ketika era digital bergulir dan berkirim surat beralih lewat email, maka surat salinan ini berubah nama menjadi Carbon Copy (CC) dan Blind Carbon Copy (BCC).

CC berfungsi agar Anda dapat mengirimkan email ke beberapa penerima lain sekaligus secara bersamaan. Namun semua penerima dapat melihat bahwa yang lain juga memiliki salinannya, dan mereka dapat melihat alamat email satu sama lain, seperti dilansir dari Android Authority.

Hal ini biasanya digunakan jika Anda mengirim email ke rekan kerja, tetapi Anda juga ingin agar atasan Anda tetap mengetahui perihal yang dibicarakan dalam email tersebut..

Jika dengan CC penerima lain dapat mengetahui siapa saja yang juga mendapat email serupa, dengan memasukan alamat email ke BCC, tidak ada penerima email lain yang tahu siapa lagi yang memiliki salinan email tersebut.

Dilansir dari Live2Tech, dengan fitur BCC, penerima email juga tidak dapat membalas email tersebut ke semua penerima email lain.

Selain itu, mereka juga tidak akan dapat melihat alamat email dari orang-orang yang mendapat salinan. Selain email yang berisi informasi sensitif, BCC juga ideal untuk email grup di mana Anda tidak ingin memberikan detail semua orang.

[Gambas:Video ]

(mrh/eks)

[Gambas:Video ]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *