Arti Piala AFF Buat Indonesia: Raih Trofi Bukti Prestasi


Jakarta, Indonesia —

Setelah 1991, Timnas Indonesia tak pernah meraih gelar juara. Jangankan tampil di Piala Dunia, menembus Piala Asia pun sudah lebih dari 10 tahun tak pernah. Karenanya Piala AFF jadi barometer prestasi.

Untuk Kualifikasi Piala Dunia misalnya, dari tujuh kesempatan sepanjang 1993-2021, semuanya berakhir dengan kegagalan. Catatan terbaik Timnas Indonesia tercipta dalam Kualifikasi Piala Dunia 2002, yakni empat kali menang dan dua kali kalah.

Itu menjadi catatan terbaik karena biasanya hanya bisa menang satu atau dua kali di babak grup fase kedua.

Hasil Kualifikasi Piala Dunia 2022, tanpa kemenangan dan sekali imbang dari delapan laga, menggambarkan bagaimana kekuatan sepak bola Indonesia saat ini.

Pada periode yang sama Timnas Indonesia hanya empat kali tampil di Piala Asia, yang salah satunya sebagai tuan rumah. Dari empat kesempatan tersebut, Garuda Merah Putih sama-sama gagal menembus babak grup.

Peringkat Indonesia di FIFA pun terus melorot dalam dua dekade terakhir. Sempat bertengger di posisi ke-84 pada 2001, kini teronggok di peringkat ke-166. Indonesia bahkan pernah berada di posisi ke-191 pada 2016.

Penampilan Timnas Indonesia dalam pertandingan berstatus A FIFA pun negatif. Dari 183 pertandingan dari 2000 hingga 2021, Timnas Indonesia memenangkan 70 pertandingan dan 76 kali kalah, dengan sisanya berakhir imbang.




Banner Testimoni

Torehan negatif ini berubah drastis jika dikomparasi dengan hasil pertandingan di Piala AFF. Dari 12 edisi, di mana Timnas Indonesia melakoni 62 pertandingan, 31 di antaranya berakhir dengan kemenangan dan hanya 19 kali kalah.

Timnas Indonesia bahkan menjadi tim tersubur di Piala AFF dengan koleksi 157 gol. Jumlah gol ini mengalahkan Thailand yang melakoni 70 pertandingan selama Piala AFF dan lima kali juara. Thailand hanya mengoleksi 151 gol.

Baca lanjutan artikel ini di halaman berikutnya>>>


Level Indonesia di Bawah Thailand dan Vietnam


BACA HALAMAN BERIKUTNYA



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *