Arus Kendaraan di Jalur Selatan Jabar Jelang Tahun Baru Naik



Jakarta, Indonesia —

Kapolda Jawa Barat Irjen Suntana mengatakan terjadi peningkatan arus lalu lintas di jalur selatan Jabar menjelang libur tahun baru. Kepadatan kendaraan mulai terpantau dari Pos Pengamanan Cikaledong dari arah Tasikmalaya dan Garut menuju Nagreg.

“Mulai ada peningkatan tapi tidak terlalu banyak. Sudah ada kepadatan di jalur tertentu tapi tidak berarti, terjadi di persimpangan, tempat wisata dan lainnya. Tapi ini bisa dikendalikan,” kata Suntana, Minggu (26/12).

Suntana memantau langsung arus lalu lintas mulai dari Pangandaran, Tasikmalaya, Garut hingga Bandung. Pihaknya pun menempatkan sejumlah personel di sejumlah titik rawan.

“Jumlahnya tentu berbeda sesuai kerawanan di lokasi masing-masing. Ada kerawanan keamanan, kemacetan arus lalu lintas dan macam-macam,” ujarnya.

Selain mengantisipasi arus lalu lintas saat Nataru, Suntana menyatakan pihaknya juga mengantisipasi arus balik libur tahun baru yang akan terjadi setelah 1 Januari 2022.

“Semua anggota akan disebar, terutama kehadirannya malam tahun baru dan arus balik sesudah tanggal 1 (Januari). Karena dimungkinkan arus balik yang sudah merayakan Natal, akan bergabung dengan masyarakat yang akan melaksanakan tahun baru,” ujarnya.

Sementara, prediksi kepadatan arus kendaraan di malam tahun baru akan kembali terjadi di wilayah Jakarta menuju Bandung dan Jakarta menuju wilayah tengah.

“Dan pulangnya setelah tanggal 1 atau 2 Januari, masyarakat yang akan kembali ke Jakarta akan kembali lalui jalur kita. Oleh karena itu kita akan tingkatkan kesiapsiagaan anggota seluruhnya ada di titik-titik, harus bersiaga,” katanya.

(hyg/fra)

[Gambas:Video ]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *