Bacaan Doa Setelah Adzan agar Pahala Berlimpah


Jakarta, Indonesia —

Azan merupakan pertanda masuknya waktu salat. Bacakan doa setelah adzan demi mendapatkan pahala berlimpah.

Allah SWT menjanjikan banyak pahala untuk umatnya yang melafalkan ataupun mendengarkan azan. Saat azan dikumandangkan, orang yang mendengar disunahkan untuk menjawabnya.

Ada beberapa amalan yang bisa dilakukan setelah mendengarkan azan. Salah satunya adalah membacakan doa dan selawat.

Bacaan Selawat Setelah Azan

Mengutip laman NU Online, kitab Asna al-Mathalib karya Imam Zakaria al-Anshary menyebutkan bahwa umat Muslim yang mendengarkan azan disunahkan untuk membaca selawat setelahnya. Utamanya adalah selawat Ibrahimiyyah.

Berikut bacaan selawat setelah adzan.

اللهم صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ كَمَا صَلَّيْت عَلَى سَيِّدِنَا إبْرَاهِيمَ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا إبْرَاهِيمَ وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ كَمَا بَارَكْتَ عَلَى سَيِّدِنَا إبْرَاهِيمَ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ إنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ

Allâhumma shalli ‘alâ sayyidinâ Muhammad wa ‘alâ `âli sayyidinâ Muhammad kamâ shallaita ‘alâ sayyidinâ Ibrâhîm, wa ‘alâ `âli sayyidinâ Ibrâhim, wa bârik ‘alâ sayyidinâ Muhammad wa ‘alâ `âli sayyidinâ Muhammad kamâ bârakta ‘alâ sayyidinâ Ibrâhim, wa ‘alâ `âli sayyidinâ Ibrâhîm, innaKa Hamîdun Majîdun

Artinya:
“Ya Allah, beri-lah rahmat pada Nabi Muhammad dan keluarganya, sebagaimana Engkau merahmati Nabi Ibrahim dan keluarganya, serta berkati-lah Nabi Muhammad dan keluarganya, sebagaimana Engkau berkati-lah Nabi Ibrahim dan keluarganya. Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji lagi Maha Agung.”

Bacaan Doa Setelah Adzan




Umat Muslim berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa Allah SWT.  Indonesia/Adhi Wicaksono.Ilustrasi. Allat SWT menjanjikan pahala bagi umat Muslim yang membacakan doa setelah adzan. (Adhi Wicaksono)

Umat Muslim dapat melanjutkan selawat di atas dengan bacaan doa setelah adzan berikut.

اللّٰهُمَّ رَبَّ هٰذِهِ الدَّعْوَةِ التَّامَّةِ وَالصَّلَاةِ الْقَائِمَةِ آتِ سَيِّدَنَـامُحَمـَّدًا الْوَسِيلَةَ وَالْفَضِيلَةَ وَالدَّرَجَةَ الرَّفِيْعَةَ وَابْعَثْهُ مَقَامًا المَحْمُودًا الَّذِيْ وَعَدْتَهُ إِنَّكَ لَا تُخْلِفُ الْمِيْعَادَ

Allâhumma Rabba hâdzihid-da’wati at-tâmmati, wash-shalâtil-qâimati, âti sayyidanâ Muhammad al-washilah wal fadlîlah, wad-darajatar rafî’ah wab’atshu maqâman mahmûdan alladzî wa’adtah, innaka lâ tukhliful-mî’âd

Artinya:
“Ya Allah Tuhan yang memiliki seruan yang sempurna dan salat yang tetap didirikan, kurniai-lah Nabi Muhammad wasilah [tempat yang luhur] dan kelebihan serta kemuliaan dan derajat yang tinggi, dan tempatkan-lah dia pada kependudukan yang terpuji, yang telah Engkau janjikan. Sesungguhnya Engkau tiada menyalahi janji, wajah zat yang paling Penyayang.”

Doa Setelah Adzan Magrib

Disebutkan dalam kitab Jami’ul Ahadits bahwa ada doa khusus setelah azan Magrib. Berikut doanya.

اللّٰهُمَّ هَذَا إِقْبَالُ لَيْلِكَ وإدْبَارُ نَهَارِكَ وَأَصْوَاتُ دُعَاتِكَ فَاغْفِرْ ليْ

Allahumma hadza iqbâlu lailika wa idbâru nahârika wa ashwâtu du’âika faghfir lii

Artinya:
“Ya Allah, ini adalah [saat] datangnya malam-Mu, dan perginya siang-Mu, dan terdengarnya doa-doa untuk-Mu, maka ampuni-lah aku.”

Doa Setelah Adzan Subuh




ilustrasi salatIlustrasi. Ada juga doa setelah adzan Magrib dan Subuh yang khusus. (istockphoto/CiydemImages)

Selain pada waktu Magrib, Anda juga dianjurkan membaca doa berikut setelah azan subuh.

اللّٰهُمَّ هَذَا إِقْبَالُ نَهَارِكَ وَإِدْبَارُ لَيْلِكَ وَأَصْوَاتُ دُعَاتِكَ فاغْفِرْ لِي

Allahumma hadza iqbâlu nahârika wa idbâru lailika wa ashwâtu du’âika faghfir lî

Artinya:
“Ya Allah, ini adalah [saat] datangnya siang-Mu, dan perginya malam-Mu, dan terdengarnya doa-doa untuk-Mu, maka ampuni-lah aku.”

Bacakan doa setelah adzan di atas agar mendapat pahala berlimpah.

(asr)

[Gambas:Video ]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *