Bagasi Hilang di Bandara, Ini yang Harus Kamu Lakukan


Jakarta, Indonesia

Kehilangan barang bawaan tentu menjadi hal yang tak mengenakkan, terlebih ketika hendak bepergian.

Tak jarang kasus kehilangan bagasi terjadi di bandara. Penumpang tentu bertanya-tanya apabila koper tak juga muncul dari konveyor.

Lalu, bagaimana cara mengatasi masalah kehilangan bagasi di bandara ini? Apakah kita bisa meminta maskapai penerbangan bertanggung jawab?

Cara mengatasi bagasi hilang di bandara

Departemen Transportasi (DOT) Amerika Serikat (AS) mengatakan, jika tas yang diperiksa tidak sampai di tempat tujuan, maka maskapai penerbangan bertanggung jawab untuk menemukan tas tersebut.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Maskapai penerbangan memiliki sejenis sistem pelacakan untuk mencoba mengidentifikasi lokasi koper. Beberapa maskapai kini menawarkan aplikasi untuk ponsel, tablet, dan perangkat elektronik lainnya, yang menyediakan data kepada penumpang tentang lokasi bagasi mereka.

Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah bagasi hilang di bandara, melansir Travel and Leisure.

1. Pastikan bagasi benar-benar hilang

Sebaiknya, jangan berasumsi terlebih dahulu bahwa barang bawaan Anda hilang. Bisa saja koper berakhir di konter yang berbeda.

Jika hal ini terjadi, memiliki perangkat AirTag atau alat pelacak lain di koper akan sangat membantu menemukan lokasi koper dengan cepat.

Jika sudah menunggu dan memeriksa konter lain tetapi tak kunjung menemukan koper, Anda dapat menghubungi pihak maskapai penerbangan untuk mengajukan kehilangan.

2. Ajukan laporan kehilangan




crowd of blurred business people rushing in a trade fair floor. ideal for websites and magazines layoutsIlustrasi. Ada beberapa cara mengatasi bagasi hilang di bandara. (Istockphoto/rclassenlayouts)

Cari meja bagasi maskapai yang mengoperasikan penerbangan dan memberi tahu bahwa bagasi Anda hilang. Biasanya, meja bagasi berada di samping conveyor carousel.

Tunjukkan label bagasi yang diterima saat menitipkan bagasi kepada petugas. Mereka mungkin dapat menemukan bagasi tersebut melalui sistem. Jika tidak kunjung menemukannya, maka Anda harus mengisi laporan kehilangan bagasi.

Pastikan pahami ciri-ciri tas yang hilang dan beri tahu petugas. Isi juga informasi yang diperlukan secara lengkap. Semakin banyak informasi pengenal, maka semakin baik.

Pastikan juga Anda menyimpan nomor referensi kasus sehingga kamu dapat mencari tahu status kasus secara daring setelah meninggalkan bandara.

3. Ketahui yang ditanggung oleh maskapai penerbangan

Sebagian maskapai memiliki kebijakan untuk bagasi yang hilang atau tertunda. Kebijakan tersebut berbeda tiap-tiap maskapai penerbangan.

Tanyakan kepada perwakilan maskapai apakah mereka memiliki kebijakan penggantian biaya bagasi hingga mereka menemukan tas yang hilang tersebut.

Biasanya, mereka mungkin tidak akan memberikan informasi ini secara proaktif. Jadi penting untuk menanyakannya terlebih dulu.

Setelah mengetahui apa saja yang akan ditanggung, kamu dapat mulai berbelanja. Simpan semua bukti pembayaran hingga kamu dapat mengajukan permintaan penggantian biaya.

Namun demikian, bukan berarti Anda dapat belanja seenaknya. Beli barang-barang yang dianggap dibutuhkan sembari menunggu koper datang.

4. Pahami perbedaan antara bagasi hilang dan tertunda




Family in airport. Attractive young woman, handsome man and their cute little daughter are ready for traveling! Happy family concept.Ilustrasi. Ada beberapa cara mengatasi bagasi hilang di bandara. (Istockphoto/Vasyl Dolmatov)

Terdapat perbedaan antara bagasi hilang dan tertunda. Sebagian besar maskapai penerbangan akan menyatakan bagasi hilang antara 5 hingga 14 hari setelah penerbangan.

Namun, jangka waktu tersebut dapat berbeda antara satu maskapai dengan maskapai lainnya.

“Setelah maskapai mengumumkan bahwa koper Anda hilang, mereka bertanggung jawab untuk mengganti rugi atas isi tas-tergantung pada penyusutan dan batas tanggung jawab maksimum,” ujar DOT.

Sementara jika bagasi tertunda, artinya barang telah ditemukan dan akan dikirimkan pada pemilik dalam beberapa hari.

Simak cara mengatasi bagasi hilang di bandara lainnya di halaman berikutnya..

5. Hubungi perusahaan kartu kredit

Jika memesan pesawat menggunakan kartu kredit perjalanan, maka ANda harus menghubungi perusahaan  penerbit kartu kredit sesegera mungkin. 

Beberapa kartu kredit menawarkan asuransi keterlambatan bagasi.

6. Terus lacak keberadaan bagasi

Tetap awasi status pencarian bagasi dengan menggunakan nomor referensi yang diberikan pada saat mengisi laporan kehilangan. Pastikan menjaga komunikasi dengan maskapai penerbangan untuk mendapatkan informasi terkini.

Idealnya, koper Anda dapat segera ditemukan dan dikembalikan. Namun jika tidak, Anda perlu mengetahui langkah selanjutnya terkait pengembalian dana.

Jika bagasi dianggap hilang dan Anda diberi penggantian, jumlah maksimum ditetapkan oleh DOT atau pihak berwenang setempat.

7. Ajukan keluhan jika tidak ada informasi lebih lanjut

Jika tak kunjung mendapatkan hasil, maka sampaikan masalah tersebut kepada atasan atau orang lain di maskapai penerbangan. Jika cara lain tak berhasil, hubungi DOT atau pihak berwenang setempat.

Cara mencegah kehilangan barang bawaan

DOT memberikan panduan lengkap tentang cara mencegah kehilangan bagasi. Salah satu saran yang paling membantu di antaranya adalah mengantisipasi kehilangan untuk menghindari akibat serius jika kehilangan bagasi.

1. Tidak menyimpan barang berharga di koper

Anda disarankan untuk tidak mengemas barang berharga di dalam koper. Masukkan barang berharga ke dalam tas yang Anda bawa ke dalam kabin.

2. Beri label nama pada tas 

Jangan lupa untuk menyimpan AirTag atau alat pelacak lainnya dalam koper. Selalu beri label pada tas dengan nama dan nomor telepon pada label bagasi dan bagian dalam tas.

3. Check-in lebih awal

Cara lainnya untuk mencegah kehilangan adalah melakukan check-in penerbangan lebih awal. Jika melakukannya pada menit-menit terakhir, lebih sulit bagi koper untuk naik ke pesawat dan mengakibatkannya lebih mudah hilang.
 
Ketika petugas memberikan slip pengambilan bagasi, simpan hingga mendapatkan tas.
 
Demikian beberapa cara mengatasi bagasi yang hilang di bandara. Semoga membantu.




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *