BAKI Resmi Jadi Badan Arbitrase Olahraga Nasional Tunggal Indonesia




Jakarta, Indonesia

Menpora RI Dito Ariotedjo menetapkan Badan Arbitrase Keolahragaan Indonesia (BAKI) sebagai badan arbitrase olahraga nasional tunggal di Indonesia.

Badan arbitrase yang mengurusi sengketa dalam lingkup olahraga di Indonesia sebelumnya adalah BAKI dan Badan Arbitrase Olahraga Indonesia (BAORI). Ini mengakhiri dualisme lembaga badan arbitrase sebelumnya yang eksis lebih dari satu.

“Tantangan terbesar dalam unifikasi lembaga arbitrase keolahragaan tunggal adalah faktor historis dan karakter perkara yang ditangani. Sebelumnya ada dua forum penyelesaian sengketa olahraga di BAKI yang dibentuk KOI, dan BAORI oleh KONI,” kata Dito di kantor Kemenpora, Jakarta, Jumat (18/10).


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Ini bukan soal menang atau kalah dan yang lebih diutamakan. Tapi yang utama adalah agar seluruh pemangku kebijakan dalam penyelesaian sengketa yang sesuai dengan amanat undang-undang keolahragaan agar penyelesaian sengketa lebih efisien dan adil,” ia menambahkan.

Dito menegaskan BAKI adalah lembaga independen. Sehingga dirinya atau siapapun tidak bisa mengintervensi penyelesaian sengketa olahraga.

Lebih lanjut Dito berpesan pada BAKI untuk menjalankan peran strategis untuk memajukan olahraga nasional. Menurutnya, olahraga yang sudah masuk ke dalam ranah industri perlu dasar-dasar hukum yang mengikat terutama ketika ada sengketa.

“Harapan saya, BAKI dapat mewujudkan adanya akses yang setara dan adil tanpa terkecuali termasuk bagi olahragawan, tenaga keolahragaan, dan pengurus organisasi yang memiliki keterbatasan finansial,” ucapnya.

Ketua BAKI, Mohamed Idwan Ganie mengatakan, pihaknya akan menjalankan tugas dengan maksimal. Ia juga menyatakan bakal mengedepankan independensi sebagai lembaga yang tidak terafiliasi dengan pihak manapun.

“BAKI sekarang dan nanti akan tetap jadi badan yang dikelola secara independen meskipun BAKI menerima dukungan dan difasilitasi pendiriannya oleh Kemenpora,” kata dia.

[Gambas:Video ]

(ikw/nva)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *